HETANEWS

Banjir Rendam 5 Desa di Merangin, Jambi

Seorang warga saat melintasi banjir setinggi pinggang di Merangin, Jambi, Jumat (26/4/2019). (Foto: iNews/Nanang Fahrurozi)

Merangin, hetanews.com - Bencana banjir kembali melanda sejumlah desa di Kabupaten Merangin, Jambi. Tercatat ada lima desa yang terendam air luapan Sungai Tabir akibat tingginya curah hujan sejak Kamis (25/4/2019).

Informasi yang diperoleh, lima desa yang terendam banjir hingga setinggi dada orang dewasa yakni Desa Limau Manis, Ulak Makam, Lubuk Napal, Tanjung dan Desa Buluran Panjang. Semuanya berada dalam wilayah Kecamatan Tabir Ilir dengan ketinggian air mulai dari 30 Cm hingga 1 meter.

Akibat kondisi bencana banjir ini, aktivitas warga setempat nyaris lumpuh total. Seluruh akses jalan menuju ke lokasi lima desa ini tak dapat dilalui karena tingginya air. Perahu kini menjadi satu-satunya alat transportasi yang dipergunakan warga setempat.

Kendati demikian, mayoritas warga tetap bertahan di rumah masing-masing dan belum mengungsi. Hal ini lantaran permukiman mereka sudah terbiasa terjadi banjir saat musim hujan.

“Di tempat kami sudah sering banjir jika hujan deras. Belum ada bantuan apa-apa dari pemerintah bagi kami di sini,” ujar Yusnia, seorang warga setempat, Jumat (26/4/2019).

Menurutnya jika memang ada bantuan pemerintah, warga sangat membutuhkan air bersih dan makanan.

Terpantau, banjir ini dimanfaatkan sejumlah anak-anak warga setempat untuk bermain air. Mereka tetap ceria meski sedang dilanda bencana.

sumber: inews.id

Editor: bt.