HETANEWS

ILAJ Minta Setiap Pleno di Kecamatan Harus Cek C1 Plano

Pelaksanaan pleno rekapitulasi perolehan suara di Kecamatan Siantar Selatan Senin 22 April 2019.

Siantar Hetanews.com - Tahapan Pemilu 2019 masih terus berlanjut. Saat ini KPU Siantar masih melakukan rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan se Kota Siantar. 

Proses rekapitulasi perolehan suara di Siantar mulai berlangsung dari Sabtu 25 April 2019. Kondisi dilapangan, rekapitulasi oleh Panita Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dihadiri tiap saksi parpol itu, digelar hingga larut malam.

Kondisi demikian menjadi perhatian Ketua Institute Law And Justice (ILAJ), Fawer Full Fander Sihite. Ia menduga akan banyak terjadi kesalahan pada saat pemindahan hasil C1 Plano ke C1. 

Oleh karena itu pihaknya meminta kepada  penyelenggara pemilu di Kota agar segera memerintahkan jajarannya di kecamatan, supaya membuka C1 Plano agar mengurangi indikasi kesalahan suara dimasing-masing calon.

Hal itu jelasnya,  berdasarkan dengan ketentuan yang ada sesuai dengan Peraturan perundang-undangan Pasal 391 UU No 7 Tahun 2013 

"C1 Plano dimungkinkan untuk dibuka dan seyogianya juga didalam aturan tersebut, bahwa C1 Plano harus di tempelkan di tempat-tempat umum," kata  Fawer Kamis (25/4/2019).

Lanjut Fawer, hal itu dilakukan demi keadilan bersama supaya terjadi transparansi dipenghitungan setiap suara yang ada. 

"Jika itu dilakukan, praduga kecuarangan tidak semakin bergulir ditengah masyarakat," ucapnya.

Masih kata Fawer, bila hal itu tidak diakomodir oleh penyelenggara pemilu, pihaknya mengkhawatirkan kemampuan penyelenggara pemilu atas ketentuan perundang-undangan yang berlaku. 

Penulis: gee. Editor: edo.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.