HETANEWS

Tiang Listrik Berbulan-bulan Tumbang, PLN Doloksanggul Lakukan Pembiaran?

Tiang listrik di Dusun Sipariama Desa Parsingguran II, dibiarkan tumbang selama berbulan-bulan. (Foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Tidak ada angin dan tidak ada hujan, sebuah tiang listrik tumbang, di wilayah Humbang Hasundutan (Humbahas), Dusun Sipariama, Desa Parsingguran II, Kecamatan Doloksanggul.

Ironisnya, menurut warga setempat, tiang listrik tersebut sudah tumbang sejak dari berbulan-bulan lalu, namun pihak PLN Doloksanggul, terkesan tidak peduli.

Informasi dihimpun dari masyarakat setempat, Rabu (24/4/2019), sebelum tumbang, posisi tiang listrik tersebut sudah miring sejak tahun 2018 lalu. Kondisi itu sudah pernah dilaporkan ke pihak PLN Doloksanggul, namun tak kunjung ada penanganan hingga akhirnya tumbang, pada akhir Februari 2019 lalu.

"Saya sudah pernah melaporkan hal itu kepada salah satu petugas PLN bermarga Aritonang, namun sayangnya mereka berkilah tak memiliki derek untuk mendirikan tiang itu,"ucap salah satu warga, Sudung Sihombing (32).

Senada, seorang warga lainnya, Marade Banjarnahor (43), juga turut menyayangkan sikap PLN Doloksanggul yang kurang tanggap tersebut. Apalagi, kata dia, kabel listrik yang sejatinya melekat di tiang listrik kini sudah menggantung di dahan dan ranting pepohonan yang berdekatan dengan rumah miliknya. Ia khawatir kalau tetap dibiarkan, kabel listrik tersebut dapat menimbulkan peristiwa yang tak diinginkan.

"Saya tidak tahu-menahu tentang listrik. Makanya warga di sini jadi was-was sejak dulu. Soalnya kabel mereka sudah menggantung di ranting-ranting pohon,"kata Marade.

Untuk itu, dirinya berharap agar pihak PLN Doloksanggul tak bersikap apatis terhadap kejadian tersebut. Ia meminta pihak PLN agar segera memperbaiki kerusakan dimaksud.

Sementara itu, Manager PLN Doloksanggul, Holmes Hutapea, ketika dihubungi via selular belum berhasil dikonfirmasi.

Penulis: rachmat. Editor: gun.