HETANEWS

Kadis Pariwisata Samosir Ajukan Pensiun Dini, Kira-kira Begini Alasannya

Kadis Pariwisata Samosir, Ombang Siboro. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Tiga tahun setelah dilantik menjadi Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Samosir, Ombang Siboro, telah melakukan upaya dan kebijakan yang revolusioner untuk peningkatan dan pengembangan pariwisata, sehingga lebih dikenal para wisatawan mancanegara maupun domestik. Dan dibuktikan dengan meningkatnya kunjungan wisata kekabupaten ini, secara signifikan.

Namun, di tengah semakin meningkatnya kunjungan wisata ke tersebut, melalui ‘tangan dinginnya’,  Kadis Pariwisata Samosir, Ombang Siboro, secara tiba-tiba mundur atau pensiun dini dari PNS (Pegawai Negara Sipil) yang telah ditekuninya selama kurang lebih 30 tahun.

Ketika ditanyakan alasan pengunduran dirinya, pria kelahiran 4 Maret 1962 ini, menjawab secara diplomatis.

"Selama ini, saya mewarnai pengembangan wisata Danau Toba, khususnya Samosir dari sisi pemerintah, sekarang saya ingin mewarnai wisata Danau Toba dari sisi sebagai pelaku wisata. Jadi saya pensiun dini untuk fokus kembangkan objek wisata yang kami kelola ini, sesuai dengan keinginan pasar," ujar Ombang Siboro, ketika ditemui awak media,  Minggu (21/4/2019), lalu, di Pantai Batu Hoda Simanindo, Samosir.

Terkait pengundurannya sebagai PNS, dan secara otomatis juga akan meninggalkan jabatannya sebagai Kepala Dinas Pariwsata Samosir, sehingga dikhwatirkan membuat redup kunjugan wisata, Ombang Siboro, mengatakan, hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan.

"Saya yakin pariwisata Samosir akan tetap jalan, the party be going," ujarnya diplomatis.

Ketika ditanyakan, apakah ada konflik internal yang dialami semasa menjabat sebagai Kadis Pariwisata, Ombang Siboro mengaku tidak ada.

"Tidak ada persoalan pribadi, kalau ada dinamika itu hal yang biasa," tegas Ombang.

Sebagai pelaku usaha wisata, saat ini Ombang Siboro mengelola objek wisata Pantai Batu Hoda, di Dusun Malau, Desa Cinta Dame, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir.

Kurang lebih, Anda harus menempuh jarak 1 km dari Pelabuhan Simanindo. Sementara bila Anda berangkat dari kota Medan, butuh waktu sekitar 5 jam perjalan menuju lokasi.

Penulis: stm. Editor: gun.