HETANEWS

Viral! Curhat Penumpang Kereta Dilecehkan, Tangan Diarahkan ke Kelamin

Pelaku pelecehan seksual di kereta (Twitter)

Jakarta, hetanews.com - Aksi pelecehan seksual dalam transportasi umum kembali terjadi, kali ini menimpa seorang wanita yang sedang melakukan perjalanan dengan kereta api luar kota. Ironisnya, saat si korban melaporkan pelecehan seksual yang dialaminya, petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI) justru menyalahkan korban yang memancing keberanian pelaku.

Kisah kekerasan seksual ini dibagikan oleh akun Twitter @xr***by. Sang korban mengakui mendapatkan tindakan tak senonoh saat ia sedang melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

"Ladies, i need you to be aware if you meet this disgusting man. Yesterday in a train, he fu*king dared to secually assault me," kata korban, Rabu (24/4/2019).

Bila dialih bahasakan, artinya "Para wanita, kalian harus berhati-hati bila bertemu dengan orang yang meresahkan ini. Kemarin di kereta, ia berani melakukan pelecehan seksual kepadaku".

Korban bercerita, kejadian berawal saat ia duduk bersebelahan dengan pelaku. Awalnya, pelaku mengajak ngobrol korban seperti biasa, hal itu pun ditanggapi dengan baik oleh korban.

Namun, saat obrolan itu sudah berhenti dan si korban terlelap, pelaku secara tiba-tiba menarik tangan korban dan menciuminya. Bahkan pelaku juga berusaha mengarahkan tangan korban ke area kelamin milik pelaku.

Awalnya, korban ketakutan masih berpura-pura tidur dan menarik tangannya. Namun, si pelaku kembali mengulangi aksinya hingga si korban pun memutuskan untuk langsung berdiri dan lari mencari pertolongan.

Pelaku yang panik pun langsung melarikan diri. Beruntung, kondisi kereta masih melaju dan tidak berhenti sehingga pelaku dapat dengan mudah diamankan oleh petugas keamanan kereta.

Saat diinterogasi, pelaku ternyata merupakan pelanggan tetap KAI dan sering bepergian menggunakan kereta itu tiap 2 pekan sekali. Melihat si korban yang menangis ketakutan, petugas justru meminta agar korban mengikhlaskan kejadian yang telah terjadi dan berbalik menyalahkan korban.

"Ah biasalah mbak, namanya juga cowok. Mending kita omongin baik-baik. Dia pelanggan saya harus jaga privasinya, lagi pula mbaknya lagian terlihat seperti anak karaokean, bukan anak baik-baik, jelas aja dia berani," ujar korban menirukan petugas.

Pernyataan si petugas justru membuat korban semakin merasa ketakutan dan terhina. Kisah pelecehan seksual ini pun menjadi sorotan warganet, banyak warganet yang geram dengan aksi petugas KAI tersebut.

"Dear @KAI121 please educate your staf!! Pelecehan seksual adalah pelecehan seksual. Semua wanita mau pake tank top, mau pake cadar, berhak mendapatkan perjalanan yang aman dan nyaman di kereta api!" kata @prw****tr.

"Gak peduli apa yang orang lain pakai atau bagaimana penampilan mereka, kalau ada korban harusnya dilindungi dan pelaku dihukum. Wlauapun dia pelanggan, korban juga pelanggan, sama2 beli tiket. Kalau gak dihukum tegas akan ada korban lain," ungkap @be******us.

"Mbak, langsung laporin aja ke pihak KAI. Kok securitynya gitu banget," ujar @ap*******hh.

"@KAI121 tolong pegawainya diberi pelatihan dan pendidikan untuk menangani kasus kekerasan seksual serta SOP yang jelas untuk menangani kejadian serupa," cuit @as****ee.

Pihak PT KAI pun merespon berbagai cuitan kegeraman dari warganet. PT KAI mengakui sedang mendalami kasus tersebut. "Selamat siang dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Kasusnya masih dalam proses penanganan oleh unit terkait kami. Trims," ujar pihak PT KAI.

sumber: suara.com

Editor: sella.