HETANEWS

Dipicu Bakar Sampah, 3 Rumah Terbakar di Medan

ilustrasi rumah terbakar. (int)

Medan, hetanews.com - Tiga unit rumah semi permanen di kawasan padat penduduk di Kompleks Pardede, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), hangus terbakar, Selasa (23/4/2019). Api diduga berasal dari pembakaran sampah oleh warga setempat.

Video amatir warga menunjukkan detik-detik saat api membakar tiga unit rumah di kawasan padat penduduk tersebut, Selasa sore tadi. Asap hitam tebal membubung tinggi, membuat warga panik.

Warga berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya karena khawatir kebakaran merambat ke rumah lain. Namun, material rumah yang terbuat dari bahan kayu dengan mudah terbakar. 

Api dengan cepat merembet ke rumah lain. Para pemilik rumah hanya sempat menyelamatkan sebagian kecil barang-barangnya.

Menurut warga setempat, ada warga yang melihat seorang warga sedang membakar sampah, Selasa sore tadi. Api tersebut kemudian merembet ke dinding salah satu rumah dan tidak lama membesar hingga meludeskan tiga unit rumah.

“Dinding rumah itu dari kayu. Api cepat merambat ke seluruh rumah dan dua rumah lainnya. Rumah yang pertama kali terbakar itu posisinya di tengah,” kata warga setempat, Devita Sari Pardede.

Petugas Pemadam Kebakaran Pemkot Medan mengerahkan lima unit armada kebakaran ke lokasi. Petugas sempat kesulitan memadamkan api karena warga yang penasaran untuk melihat peristiwa tersebut, memadati kawasan lokasi kebakaran.

Beruntung dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Namun, para korban diperkirakan mengalami kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

sumber: inews.id

Editor: bt.