HETANEWS

Pencuri 7 TBS di PTPN III Diancam 8 Bulan Bui

Jaksa Ronald saat membaca tuntutan 8 bulan, di ruang Tirta PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Jaksa Herman Ronald Mauritz Panjaitan SH, menuntut terdakwa Ramadhani Saragih (30), dengan pidana penjara 8 bulan, di PN Simalungun,  Selasa (23/4/2019).

Warga Perdagangan Sebrang, Kecamatan Bandar ini, terbukti mencuri 7 Tandan Buah Segar (TBS) milik PTPN III Kebun Dusun Hulu, pada Minggu, 23 Desember 2018, lalu, di Afd.II Blok 42 Nagori Sei Mangke, Kecamatan Bosar Maligas.

Terdakwa, dipersalahkan jaksa melanggar pasal 107 huruf d UU No.39/2014 tentang Perkebunan Jo pasal 55 (1) ke-1 KUH Pidana.

Terdakwa bersama teman-temannya, Rizky alias Bagol, Lesmana dan Iqbal Damanik (DPO) dengan membawa pisau egrek mencuri sawit milik kebun. Dengan cara memotong dan melangsir TBS.

Naas, aksi terdakwa dan teman-temannya dilihat saksi Muslim dan Darmawan Damanik yang sedang melakukan patroli rutin. Hanya terdakwa yang berhasil ditangkap, sedangkan temannya berhasil melarikan diri.

Dalam persidangan siang itu, terdakwa memohon kepada hakim, agar hukumannya diringankan. Karena terdakwa menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi.

Untuk mempertimbangkannya dalam putusan, majelis hakim, pimpinan Roziyanti SH, menunda persidangan satu Minggu.

Penulis: ay. Editor: gun.