HETANEWS

Jual Septor Pinjaman, Gunawan Alias Cencen Diganjar 2 Tahun

Terdakwa Cencen senyum saat meninggalkan ruang sidang usai dibui 2 tahun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com – M Gunawan alias Gunawan alias Cencen (35), warga Serbelawan, diganjar 2 tahun penjara oleh majelis hakim, A Hadi Nasution SH MH, di PN Simalungun, Selasa (23/4/2019). Vonis hukuman itu, konform (sama) dengan tuntutan jaksa, Friska Marlina SH.

Terdakwa dinyatakan terbujt bersalah melanggar pasal 372 KUH Pidana. "Menjatuhkan pidana selama 2 tahun," kata Jadi, didampingi dua hakim anggota, Nasfi Sah dan Mince SH.

Cencen berhasil menjual 3 sepeda motor (Septor) yang dipinjamnya. Awalnya, Senin, 10 Desember 2018, lalu, di Huta Parapat, Nagori Dolok Ilir, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, meminjam sepeda motor Honda Karisma BK 2196 WF milik saksi korban, Amran Purba.  Dengan alasan mau memperbaiki mobilnya yang rusak.

Lalu septor pinjaman itu dijual kepada tukang botot di Siantar, seharga Rp.450 ribu. Uangnya dibuat beli makanan dan minuman, di Medan. Setelah beberapa hari pergi dari kampungnya, terdakwa kembali lagi.

Dengan cara yang sama meminjam sepeda motor  Yamaha BG ZR BK 3313 TAH milik saksi korban Erwin Syahputra Batu Bara, dengan alasan mau membeli nasi goreng. Lalu septor pinjaman itu dijual seharga Rp.1 juta kepada Awi, di Medan.

Sebelumnya, dakwa juga meminjam sepmor Yamaha Mio milik Salim dan dijual di Medan. Uang hasil penjualannya, digunakan untuk keperluan terdakwa. Atas putusan itu, terdakwa menyatakan terima, demikian juga dengan jaksa.  

Penulis: ay. Editor: gun.