HETANEWS

Saksi Parpol Ngeluh Saat Rekapitulasi Suara di Kecamatan

Suasana rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019 di Kecamatan Siantar Timur

Siantar hetanews.com - Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu 2019 di tingkat kecamatan se kota Siantar menyisahkan keluh kesah dari sejumlah saksi parpol.

Rekapitulasi hasil perolehan suara ditingkat kecamatan ini dilaksanakan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) yang dimulai dari Sabtu (20/4/2019). KPU Siantar menargetkan tahapan rekapitulasi ini tuntas selama 5 hari. 

Di 8 Kecamatan di kota Siantar, tahapan rekapitulasi perolehan suara ini masih terus berlangsung hingga saat ini. Tahapan rekapitulasi ini sudah menyita waktu dan tenaga khususnya bagi para Saksi Parpol. 

"Kemarin katanya kami jadi saksi selama 2 hari saja. Ini sudah sudah lebih 2 hari, dari pagi sampai malam disini, gak kelar kelar," keluh Rizaldi, salah seorang saksi Parpol, Selasa (23/4/2019).

Rizaldi memantau rekapitulasi perolehan suara di kecamatan Siantar Timur. Di hari pertama proses rekapitulasi, kata dia, sejumlah saksi parpol banyak hadir memantau jalannya rekapitulasi.

"Sekarang sudah sepi, orang orang (saksi parpol) banyak yang gak datang. Mungkin ga sesuai perjanjian honornya karena sampai sekarang belum selesai," ucapnya.

Ia mengatakan di kecamatan Siantar Timur terdapat 7 Kelurahan dan 107 TPS. Siantar Timur termasuk dalam wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) III, meliputi Siantar Marihat, Siantar Selatan dan Siantar Marimbun.

Rekapitulasi perolehan suara dimulai dengan perolehan suara capres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota. Masing masing penhitungan perolehan suara dilakukan per TPS. 

"Ga nyangka bisa kek gini lamanya. Honor yang diterima untuk saksi parpol ini pun ga seberapa," ketusnya.

Penulis: gee. Editor: edo.