HETANEWS.COM

Pemko Siantar 'Rangkul' Organisasi Simalungun dalam HUT Kota Siantar Ke-148

Rangakaian kegiatan HUT Kota Siantar ke -147 yang di gelar di Jalan Sutomo 26 April 2018.

Siantar hetanews.com - Dinas Pariwisata Kota Siantar memastikan perayaan HUT Kota Siantar ke-148 berlangsung dengan baik. Pemko Siantar melalui Dinas Pariwisata sebelumnya sudah berembuk dengan perwakilan etnis Simalungun. 

Hal demikian disampaikan oleh Plt Kadis Pariwisata Kota Siantar, Kusdianto, ditemui diruang kerjanya, Senin (22/4/2019) siang.

"Sudah ada beberapa kali pertemuan dengan perwakilan etnis Simalungun," jelas Kusdianto ketika disinggung mengenai adanya penolakan dari organisasi etnis Simalungun untuk tidak bergabung dalam acara HUT Siantar ke-148.

Ia menjelaskan, pihaknya dalam hal ini Dinas Pariwisata hanya menjalankan sesuai dengan tupoksinya dalam menyusun agenda kegiatan HUT Kota Siantar, yang rencananya dimulai Selasa besok.

Terkait adanya pernyataan penolakan keterlibatan dari organisasi etnis Simalungun yang ada di Siantar tersebut, Kusdianto tidak terlalu banyak berkomentar.

"Sebelum ada kegiatan kita sudah beberapa kali ketemu. Ada (organisasi) Himapsi, ketuanya marga Sipayung, PMS, ada Pak Rohdian, ada Pak Evra kalau dari Keturunan Sang Naualuh itu Pak Rudi Damanik, itu absenya ada," ucapnya.

Baca juga: IKEIS Tidak Akan Berperan Pada Perayaan HUT Kota Siantar

Belum lama ini, beberapa organisasi etnis Simalungun di Kota Siantar menyatakan penolakan untuk melibatkan diri dalam kegiatan perayaan HUT Kota Siantar ke-148.

Pernyataan tersebut disampaikan melalui surat terbuka oleh Pengurus DPC IKEIS Kota Siantar dan DPP Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI).

IKEIS yang menyatakan penolakan atas kegiatan HUT Kota Siantar untuk menjaga serta melindungi harkat dan martabat etnis Simalungun, sebagai tuan rumah di Kota Siantar.

IKEIS juga berharap organisasi etnis Simalungun lainnya menyatakan sikap yang sama, seperti tuntutan pemakzulan Walikota Siantar, pasca perayaan HUT Siantar Ke-147 tahun lalu.

Dimana saat itu, sejumlah organisasi suku Simalungun di Kota Siantar ikut menyatakan sikap dan menuntut pemakzulan Walikota dalam aksi unjuk rasa yang pernah digelar.

Baca juga: KNPSI dan Suku Simalungun Pastikan Tidak Berperan dalam HUT Kota Siantar 2019

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan