HETANEWS

Penerima Bantuan PKH Rela Berpanas – panasan

Ibu-ibu rumah tangga dengan sabarnya menunggu antrian guna menerima bantuan PKH. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com – Warga penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), begitu antusias menerima pencairan dana bantuan tersebut, di Desa Ginolat, Senin (22/4/22019), sekitar pukul 10.10 WIB.

KCP Bank Mandiri Tbk Samosir-Pangururan, sebagai penyalur bantuan PKH tersebut. Informasinya, sebanyak 482  keluarga penerima yaitu tahap triwulan kedua tahun 2019,  di Kecamatan Sianjur Mula – mula, Kabupaten Samosir.

Walau terik matahari mewarnai pembagian bantuan sosial tersebut, tampaknya tidak menyurutkan semangat warga penerima, yang didominasi kaum ibu dan berlangsung tertib.

Warga mengaku puas atas pelayanan PT Bank Mandiri KCP Samosir-Pangururan.

"Saya puas dengan pelayanan Bank Mandiri Samosir ini pak. Walau terik matahari, kami antri dan mereka melayani dengan ramah dan sabar,"ucap seorang ibu,  boru  Tambunan, penerima manfaat PKH.

Untuk program bantuan sosial ini, Andika Sitompul kepada hetanews.com, Senin (22/4/2019), disela – sela, pencairan bantuan sosial PKH di Kecamatan Sianjur Mula – mula, mengatakan, bahwa kedepan akan dipermudah pencairannya sehingga masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh-jauh dan menghabiskan waktunya ke kota untuk melakukan transaksi penarikan uang tunai maupun penyimpanan uang tunai.

Kita akan siapkan di tiap kecamatan, lokasi atau agen Bank Mandiri Samosir, tepatnya di Desa Ginolat, satu titik dan dua titik lagi akan menyusul, katanya.

Pemberian bantuan sosial PKH ini, secara simbolis dilakukan oleh Pemkab Samosir melalui Camat Sianjur Mula – mula, Rudi Sitorus. Setelah itu, akan dilanjutakan oleh Pegawai Bank Mandiri ini untuk membayarkannya kepada masyarakat.

Kepala KCP PT. Bank Mandiri Samosir-Pangururan, Andika Sitompul  didampingi  Camat Sianjur Mula-mula, bersama beberapa kepala desa, menyaksikan pemberian program dana PKH bagi warga. (foto/stm)

Camat sianjur Mula-mula, Rudi Sitorus, ketika dikonfirmasi, mengatakan, kedepan warga penerima program PKH ini, haruslah bisa susut secara berlahan karena tidak mungkinlah kehidupan manusia itu akan selaku begitu-begitu saja. “Pasti akan ada perubahan. Saya berharap, bantuan ini dapat digunakan untuk semestinya seperti untuk sekolah anak-anak, mengembangkan usaha dan membeli kebutuhan pokok keluarga, “ujarnya.

Mohon jangan disalah gunakan, karena bantuan ini berasal dari dana negara yang juga bersumber dari pajak rakyat, pesan Rudi Sitorus.

Kepala KCP PT. Bank Mandiri Samosir-Pangururan, Andika Sitompul, menambahkan, bahwa bantuan sosial PKH ini diberikan Pemerintah ke rekening penerima (KPM) di Bank Mandiri.

"Para penerima manfaat ini sudah memiliki rekening tabungan di Bank Mandiri dan pemberian hari ini adalah pemberian untuk triwulan kedua Tahun 2019 dan besaran yang diterima warga penerima PKH itu bervariasi, yaitu antara lima ratus ribu sampai dua juta rupiah sesuai dengan komponen masing-masing KPM “tambah Andika.

Faktor yang mempengaruhi besaran bantuan sosial kepada setiap keluarga yang berasal dari Kementerian Sosial tersebut, dipengaruhi oleh keadaan dari keluarga itu sendiri, seperti jumlah anak-anak, keadaan ibu yang sedang hamil, anak-anak balita dan lainnya. 

Penulis: stm. Editor: gun.