HETANEWS

Kapolres Tanjungbalai akan Tindak Tegas Perusuh saat Penghitungan Surat Suara

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai saat meninjau penghitungan surat suara di Kecamatan Datuk Bandar, pada Minggu (21/4/2019) malam. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com-Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai, memastikan, hingga saat ini pelaksanaan kegiatan penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di kota Tanjungbalai, berjalan lancar dan aman atau tidak ada gangguan.

Penghitungan surat suara di tingkat kecamatan secara serentak, dilaksankan  pada Minggu (21/4/2019), mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 18.30 WIB. Dan dilanjutkan pukul 20.00 WIB hingga selesai. 

Menurut Irfan, sesuai undang-undang, pihak kepolisian dibantu TNI, melakukan pengamanan dan berkoordinasi dengan seluruh penyelenggara Pemilu mulai PPK, panitia pengawas kecamatan (Panwascam), Komisi Pemilihan Umum (KPU), dan Bawaslu.

Kapolres Tanjungbalai, AKBP Irfan Rifai saat meninjau penghitungan surat suara di Kecamatan Datuk Bandar, pada Minggu (21/4/2019)  malam. (foto/ferry) 

Memastikan, bahwa proses penghitungan rekapitulasi suara sesuai standar operasional, tegas AKBP Irfan, Minggu malam (21/4/2019), saat meninjau penghitungan surat suara, di PPK kecamatan Datuk Bandar. 

Selain itu, pemantauan ini juga untuk melihat standar pengamanan kotak dan surat suara, katanya.

Menurutnya, lokasi rekapitulasi penghitungan suara ini sudah sesuai standar, yakni digembok tiga yang kuncinya dipegang pihak PPK, Bawaslu, dan kepolisian.

Baca juga: PPK se-Kota Tanjungbalai Serentak Laksanakan Rekapitulasi Suara

"Kami yakin proses penghitungan suara ini dilakukan dengan cara yang benar, tanpa ada intervensi, dan gangguan, apalagi sampai ada kecurangan,"ucap Kapolres. 

Suasana penghitungan surat suara di Kecamatan Datuk Bandar. (foto/ferry) 

“Kami menyiapkan pasukan dari Polres dibantu TNI dan Linmas untuk mengantisispasi, jika seandainya ada oknum yang mencoba akan mengganggu proses penghitungan ini,”ujarnya.

Irfan kembali menegaskan, pihaknya akan menindak tegas, jika ada oknum yang berupaya mengganggu proses penghitungan surat suara yang sedang berlangsung, di tingkat PPK.

Penulis: ferry. Editor: gun.