HETANEWS

Prabowo Unggul Telak di Sumbar Versi QC, Gerindra Cibir Bupati Pro-Jokowi

Jakarta, hetanews.com - Pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul jauh dari Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin di Sumatera Barat versi quick count Indo Barometer. Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade, mengungkit dukungan kepala daerah di Sumbar kepada Jokowi.

"Melihat perkembangan di Sumatera Barat, di mana Sumbar menjadi provinsi dengan persentase kemenangan terbesar Pak Prabowo di Indonesia sekitar 85%. Ini menunjukkan bahwa pernyataan saya yang lalu bahwa kepala daerah pendukung Jokowi di Sumbar adalah gerbong kosong terkonfirmasi," kata Andre dalam keterangannya, Kamis (18/4/2019).

Versi quick count Indo Barometer dengan data masuk 99,67%, Prabowo-Sandi mendapat angka 90,45%, sedangkan Jokowi-Ma'ruf memperoleh 9,55% suara. Andre menyebut para kepala daerah di Sumatera Barat yang mendukung Jokowi tak menyerap aspirasi warganya.

"Kepala daerah di Sumbar yang merupakan pendukung Jokowi gagal menyerap aspirasi masyarakat dan gagal meyakinkan masyarakat sehingga masyarakat Sumbar memutuskan berbondong-bondong memilih Pak Prabowo tanpa mengikuti pilihan kepala daerah mereka," sebut politikus Partai Gerindra dari Padang itu.

Sebelumnya, sebanyak 11 kepala daerah di Sumatera Barat bersama bandSlank tampil dalam kampanye pasangan Jokowi-Amin di Padang. Mereka mendukung Jokowi untuk lanjut dua periode.

Ke-11 kepala daerah yang hadir dan bergantian menyampaikan orasi politik itu adalah Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Lima Puluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Wali Kota Padang Panjang Fadly Amran, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Wakil Bupati Mentawai Kortanius Sabeleake, dan Wali Kota Solok Eri Zulfian. Namun TKN menyebut ada 12 kepala daerah yang hadir.

sumber: detik.com

Editor: sella.