HETANEWS

Ratusan Kios Pasar Lawang Terbakar

Kebakaran Pasar Lawang

Malang, hetanews.com - Ratusan kios di Pasar Lawang Kabupaten Malang hangus terbakar semalam. Hingga pagi, asap masih mengepul dan sejumlah titik api masih menyala.

Sebanyak 17 Mobil Pemadam Kebakaran (PMK) berusaha memadamkan api. Namun aneka barang dagangan membuat api sulit dipadamkan.

Nyala api di antara puing masih dapat dilihat di lantai 2 di mana keseharian menjadi lokasi penjualan sembako dan pakaian. Para pedagang sama sekali tidak dapat menyelamatkan barangnya.

Tampak sisa-sisa barang dagangan yang sudah menjadi abu. Sementara para petugas melakukan lokalisir dan pembasahan.

Serupa juga terjadi di lantai 1, semua barang menjadi abu. Hanya beberapa kios di sisi belakang, berhasil menyelamatkan barangnya yang sebagian sudah rusak.

"Saya semalam sudah ke sini, tetapi tidak boleh masuk, karena api membesar," kata Yoyok, salah seorang pedagang di Lantai 2 yang kiosnya terbakar, Kamis (18/4).

Yoyok yang ditemani rekan sesama pemilik kios mengaku semua barang dagangan di lantai 2 habis terbakar. Di lantai 2 sendiri terdapat warung, toko pakaian dan grosir.

Sejumlah pedagang mengaku, mobil PMK terlambat datang, karena api sudah dalam kondisi menyala besar.

Sementara Momo, pemilik toko pakaian Ragam berusaha menyelamatkan barang-barangnya. Halaman tokonya sudah hangus terbakar, tetapi sebagian barang bisa diselamatkan.

Gholi Karyanto, Kabid Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Malang, mengatakan hingga saat ini sedang dilakukan pembasahan. Asap dan api yang muncul disebabkan karena bahan yang mudah terbakar.

"Kita lakukan pembasahan dengan 17 armada, termasuk bantuan Pemkot Batu, Kota Malang dan PT Bontoe," katanya.

Proses pembasahan sedang berlangsung, sementara masyarakat berusaha mendekat untuk mengetahui kejadian lebih dekat. Listrik di lokasi dan sekitarnya hingga saat ini masih padam. 

sumber: merdeka.com

Editor: sella.