HETANEWS

Jokowi Kalahkan Prabowo di Bangladesh-Nepal

Penghitungan suara di Bangladesh. (dok kbri dhaka)

Jakarta, hetanews.com - Paslon nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di perhitungan suara Pemilu 2019 untuk WNI di Bangladesh dan Nepal. Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh suara 63%, sementara Prabowo-Sandiaga 32,16%.

Ketua PPLN Dhaka Iryadi mengatakan, perhitungan suara dilakukan pada 17 April pukul 15.00 waktu setempat. Jumlah DPT yang tercatat untuk surat suara Pilpres yakni 227 orang.

"Jumlah pemilih Presiden dan Wakil Presiden di Banglades dan Nepal adalah sebanyak 227 orang. Dengan demikian, dari total jumlah surat suara yang diterima PPLN Dhaka sebanyak 280, tingkat partisipasi Pemilih Presiden dan Wakil Presiden adalah sebanyak 81,07%," kata Iryadi dalam keterangan tertulis dari KBRI Dhaka, Rabu (17/4/2019).

Metode pemungutan suara dilakukan dengan dua metode yakni melalui TPS dan pengiriman Pos. Rekapitulasi suara dari metode pemungutan suara di TPS, Jokowi-Maruf Amin menang dengan peroleh suara 92, sementara Prabowo-Sandiaga 55 suara.

"Tidak sah 2 suara, dari jumlah pemilih 149" kata Iryadi.

Sementara itu, tercatat ada 78 orang yang melakukan pemungutan suara dengan metode pengiriman pos. Pasangan Jokowi-Ma'ruf menang dengan perolehan 51 suara, Prabowo-Sandiaga 18 suara, dan tercatat 9 suara tidak sah.

"Rekapitulasi perhitungan suara Bangladesh dan Nepal Jokowi-Maruf Amin 63%, Prabowo-Sandiaga Uno 32,16%, suara tidak sah 4,85%," ujar Iryadi.

sumber: detik.com

Editor: bt.