HETANEWS

Wabup Samosir Monitoring di 3 Kecamatan

Wabub Samosir, Juang Sinaga, bersama istri saat lakukan pencoblosan surat suara di lokasi TPS di Desa Hatoguhan Kecamatan Palipi. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com – Wakil Bupati (Wabup) Samosir,  Juang Sinaga, memonitoring jalannya Pemilu 2019, di 3 kecamatan, antara lain, Palipi, Onan runggu, dan Nainggolan, Rabu (17/4/2019).

Katanya, tingkat partisipasi masyarakat memberikan hak pilihnya di TPS hari ini, diyakini mencapai 95%.

“Hasil monitoring kita sementara di beberapa kecamatan,  bahwa tingkat kehadiran masyarakat sangat antusias sekali. Kita optimis dan berharap, partisipasi masyarakat pada pemilihan kali ini bisa mencapai 95%, “kata Juang Sinaga, kepada hetanews.com, ketika dikonfirmasi via telepon, Rabu (17/4/2019), sekitar pukul 13.40 WIB.

Bersama keluarga, Wabup saat mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) I di Desa Hatoguan, Kecamatan Palipi, mengatakan, memang ada sedikit keterlambatan pada proses pencoblosan kali ini.

"Ada sedikit keterlambatan. Yang kita lihat, sedikitnya butuh waktu dari 3-5 menit untuk satu pemilih di bilik suara karena proses pelipatan ulang kertas surat suara," tutur Juang yang mencoblos, pada sekitar pukul 08.15 WIB.

Wabup Samosir bersama Wakapolres saat foto bersama dengan penyandang disabilitas yang menggunakan hak suaranya di TPS. (foto/stm)

Juang juga berharap, masyarakat pemilih yang belum mencoblos, agar memanfaatkan ruang waktu pendaftaran hingga pukul 13.00 WIB.

"Sesuai peraturan dari KPU, masyarakat yang sudah mendaftarkan diri sebelum waktu pemungutan suara berakhir di pukul 13.00 WIB, masih bisa mencoblos atau memberikan hak pilihnya lewat dari jam 1. Untuk itu, kita harapkan masyarakat menggunakan ruang itu dengan baik," imbaunya.

Dari sisi keamanan sendiri, tambah Juang, proses pemilihan berlangsung aman karena didampingi okeh pihak kepolisian di TPS, guna menjaga hala-hal yang tidak diinginkan.

Saat melakukan monitoring, Wabup tampak didampingi Wakapolres Samosir, Kasi Intel, Kesbang Pol, dan Camat.

Lanjut Juang, beberapa pemilih penyandang disabilitas juga terlayani dengan baik, pada Pemilu kali ini.

Penulis: stm. Editor: gun.