HETANEWS

188 Caleg Perebutkan 25 Kursi DPRD Samosir

Kantor DPRD Samosir. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Perhelatan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019, tinggal 2 hari lagi, dan di masa tenang ini, para calon legislatif (Caleg) pun semakin intens melakukan segala upaya untuk merebut hati rakyat.

Pada Pemilu 2019 ini, di Kabupaten Samosir, sebanyak 188 caleg dari 11 partai politik akan memperebutkan 25 kursi di DPRD Samosir.

Seluruh caleg tersebut, tersebar di 4 daerah pemilihan (Dapil) seluruh Kabupaten Samosir.

Untuk Dapil I Samosir, terdapat 65 caleg yang memperebutkan 8 kursi dengan perbandingan 1 kursi diperebutkan 6 caleg.

Pada Dapil II, terdapat 40 caleg yang memperebutkan 6 kursi dengan perbandingan 1 kursi diperebutkan 6,6 caleg. Sedangkan pada Dapil III Samosir, terdapat 39 caleg yang memeperebutkan 6 kursi dengan perbandingan 1 kursi diperebutkan 6,5 caleg.

Dan pada Dapil IV, terdapat 38 caleg yang memeperebutkan 6 kursi dengan perbandingan 1 kursi diperebutkan 6,3 caleg.

Menanggapi sengitnya persaingan para caleg di Kabupaten Samosir, Ketua Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kabupaten Samosir, Fernando Sitanggang, menganggapnya sebagai sebuah fenomena yang unik, namun sangat kompetitif.

"Fenomena perebutan kursi di DPRD Samosir sangatlah unik namun tetap kompetitif. Ada nilai positif di sana, yaitu satu suara rakyat sangat kompetitif diperebutkan dan dimenangkan oleh para caleg, sehingga hal ini baik untuk demokrasi. Namun disisi lain, ada hal negatif yang dapat timbul, yaitu adanya cara pintas caleg untuk mendapatkan suara rakyat dengan cara tidak lazim yaitu dengan menggunakan praktik uang atau money politic. Hal ini sebaliknya dapat membunuh demokrasi itu sendiri,"ujar Fernando Sitanggang, Senin (15/4/2019).

Dari perhitungan JaDI Samosir, secara keseluruhan diseluruh Dapil, 1 kursi diperebutkan 7,52 calon legislatif dari 11 partai politik di Kabupaten Samosir.  

Penulis: stm. Editor: gun.