HETANEWS

FOSIMPAT: Pemindahan Suara di Internal Peserta Pemilu Berpotensi Terjadi

FOSIMPAT bersama awak media di Rumah Makan Papi, Jalan Sibolga Kota Siantar

Siantar, hetanews.com - Forum Simpang Empat (FOSIMPAT) Kota Siantar mensinyalir adanya potensi kecurangan pemilu khususnya pemindah suara caleg di internal peserta pemilu.

Oleh karena itu diharapkan peserta pemilu dan penyelenggara pemilu bersama sama melaksanakan pemilu serentak dengan jujur dan adil.

Hal itu diungkapkan pengurus FOSIMPAT saat menjamu sejumlah awak media cetak dan elektronik yang bertugas melakukan peliputan di Kota Siantar-Simalungun, Senin (15/6/2019).

"Mensinyalir ada kemungkinan pelanggaran pemilu, di internal peserta pemilu. Misalnya ada pemindahan suara si A dan Si B di internal partai politik. Itu mungkin saja terjadi," kata Ketua FOSIMPAT, Piliaman Simarmata.

Khususnya KPU dan Bawaslu, kata Piliaman, diminta dapat melakukan pengawasan agar pemilu berjalan dengan damai, jujur dan adil serta berintegritas.

"Penyelenggara pemilu khususnya KPU dan Bawaslu supaya betul betul profesional, jangan mau terlibat dengan ajakan ajakan orang tertentu atau pihak pihak yang menginginkan kecurangan," jelasnya.

Pembina FOSIMPAT, Anthon Sihombing menambahkan, kecurangan pemindahan suara berpotensi terjadi di dalam satu partai politik peserta pemilu. 

Untuk itu, sambung Anggota DPR RI ini menambahkan, FOSIMPAT akan membentuk tim khusus untuk mengawasi kinerja penyelenggara pemilu hingga tingkat TPS.

"Apabila penyelenggara pemilu melakukan penambahan dan pengurangan surat caleg, terutama satu partai, kami akan segera meprosesnya sesuai dengan perundang undangan yang berlaku," kata Anggota Komisi V DPR RI ini.

Diakhir kesempatan ini, FOSIMPAT mengajak masyarakat untuk datang memberikan hak suaranya ke TPS pada Rabu 17 April 2019 yang akan datang, dan bersama sama melaksanakan pemilu yang jujur dan adil.

Penulis: gee. Editor: edo.