HETANEWS

Bea Cukai Amankan Ribuan Kayu dan 27 Burung Dilindungi di Pelabuhan Belawan

Penyelundupan batang kayu digagalkan Kanwil Bea Cukai Sumut. (foto/inews)

Medan, hetanews.com - Petugas Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sumatera Utara (Sumut) menggagalkan upaya penyelundupan 1.029 batang kayu gelondongan dan 27 ekor burung dilindungi, ke Sumut melalui Pelabuhan Belawan.

Humas Kanwil Bea Cukai Pelabuhan Belawan, Amri mengungkapkan, sebelumnya ribuan kayu gelondongan dan puluhan burung dilindungi tersebut dibawa dengan menggunakan kapal tongkang. “Kapal ini berasal dari Pulau Buru, Maluku,” ujar Amri, Senin (15/4/2019).

Amri mengatakan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi yang diperoleh petugas dari masyarakat. Disebutkan, ada sebuah kapal tongkang yang membawa satwa dilindungi di Pelabuhan Belawan.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas kemudian memeriksa muatan tongkang. Hasilnya, petugas menemukan 1.029 batang kayu gelondongan pesananan salah satu industri kayu di daerah ini.

Selain itu, petugas juga menemukan puluhan burung di palka kapal yang diduga kuat satwa dilindungi. “Burung yang ditemukan petugas terdiri atas 23 ekor burung kasturi, 4 ekor burung kakak tua jambul kuning, serta satu ekor burung nuri. Seluruhnya satwa dilindungi,” ujar Amri.

Dari temuan tersebut, petugas Kanwil Bea Cukai Sumut langsung berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Kemudian, dengan Balai Gakkum Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memproses kasus kayu geondongan dan satwa dilindungi tersebut.

“Sementara itu, 10 orang anak buah kapal dari kapal tongkang tersebut masih dalam penyelidikan petugas Bea Cukai,” ujarnya.

sumber: inews.id

Editor: bt.