HETANEWS

Wabup Padang Lawas Utara Terjaring OTT Money Politik

Suasana Penangkapan Money Politik.(Foto/Kev)

PALUTA, Hetanews.com - Tim Satgas Money Politik Polres Tapanuli Selatan mengamankan 14 orang termasuk Wakil Bupati Padang Lawas Utara, Hariro Harahap, yang terlibat dalam money politik pemenangan salah satu calon legislatif di DPRD Padang Lawas Utara (Paluta).

Menurut Rilis Polres yang beredar, OTT bermula dari penangkapan kepada 4 orang laki-laki dengan mengendarai sebuah mobil, Senin (15/4/2019), dari dalam mobil petugas kepolisian mengamankan tas berisi amplop sebanyak 87 buah, yang didalamnya terdapat uang 200 ribu rupiah, serta kartu nama atas nama Masdoripa Siregar, salah satu caleg Paluta dari partai Gerindra.

Kemudian, petugas melakukan pengembangan atas temuan tersebut, dari keterangan salah satu tersangka, uang berisi amplop yang diamankan, didapat dari salah seorang bernama Fajar Harahap, alamat JL. SM Raja, Lingkungan I, Partimbakoan, Kelurahan Pasar Gunung Tua, Kecamatan Padang Bolak.

Barang Bukti Uang di dalam amplop yang disertakan kartu nama.(Foto/Kev)

Mendapat laporan tersebut, petugas langsung ke alamat yang dimaksud tersangka, dari lokasi tersebut, petugas mengamankan, 10 orang laki-laki, diketahui bernama, Fajar Harahap, Ali Asman Siregar, Sutan Kumala Siregar, Khairul Afandi Siregar, Harianto Harahap, Muhammad Rifai Harahap, Hasanuddin Simbolon, Irfan Harahap, Mara Laut Siregar dan Hariro Harahap yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Padang Lawas Utara. 

Petugas juga kembali menemukan barang bukti amplop berisi uang dengan besaran 150 ribu, 200, hingga 300 ribu rupiah.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Paluta, Musmuliadi Siregar, belum mengetahui secara pasti kejadian yang ada dan mendapatkan pernyataan resmi dari pihak Polres

"Kita masih menunggu keterangan resmi dari Polres," ungkapnya.

Penulis: tim. Editor: tom.