HETANEWS

KPU Samosir Distribusikan Logistik Pemilu 2019 ke 8 Kecamatan

Anggota KPU Samosir saat mengangkat kotak suara yang akan didistribusikan ke 8 kecamatan. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com – Pihak KPU kabupaten Samosir, mendistribusikan logistik Pemilu 2019 ke 8 Kecamatan, yaitu kota suara dan bilik suara, perlengkapan TPS. Pendistribusian logistik itu, tampak mendapat pengawalan ketat dari puhak Polres, Bawaslu, dan Satpol PP Samosir, Minggu (14/4/2019).

Logistik tersebut, tampak diangkut menggunakan 20 unit truk roda enam dan akan distribusikan ditiap - tiap kantor camat.

Pahala Sinaga, selaku seketaris KPU Samosir, ketika diwawancarai hetanews.com, mengatakan, logistik ini akan distribukankan serentak ke 8 PPK dan  untuk kecamatan Pangururan, pada Senin besok (15/4/2019).

“Satu kecamatan, dalam pendidtribusiannya akan menyeberangan Danau Toba, yaitu kecamatan Sitio-tio dengan mengunakan Kapal Fery dari simpang Tamba yang sudah ditunggu. Mereka juga sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait penyimpanan logistik  di kantor camat Sitio-tio,”katanya. 

Untuk Kecamatan Sitio-tio, lanjutnya,  akan diantar kotak suara sebanyak 120 yang berisi logistik, dan 11 kotak kosong yang nanti digunakan dalan rekaputulasi.

Truk korak suara yang diseberangkan melintasi Danau Toba guna didistribusikan ke Kecamatan Sitio-tio yang dikawal pihak Kepolisian bersama TNI dan petugas KPU Samosir. (foto/stm)

“Kita berharap, pendistribusian logistik ini tepat waktu. Jumlahnya sesuai dengan aturan yang ada, dan kita juga mengimbau agar kotak suara ini tiba di TPS  tanggal 16. Jika jaraknya jauh, bisa tanggal 17  dan harus samai paling lama pukul 06.00 WIB. Kotak suara nantinya akan diinapkan di kantor Kepala Desa dan dijaga pihak kepolisian dan bekerja sama dengan pihak PPK di kecamatan,”jelasnya.

Kabag OPS Polres Samosir, Bernard Naobaho, selaku penanggung jawab keamanan pendistribusian logistik Pemilu 2019 ini,kepada wartawan, mengatakan, setiap pengawalan logistik akan dilakukan 2 orang polisi didalam truk yaitu dari KPU ke PPK.

Setelah sampai di PPK, kotak suara ini kita akan kawal terus dan diinapkan di sana yang sudah diunjuk siapa petugas di sana. Dalam penyebaran pengaman di lapangan, masing – masing 6 personil di PPK. Selanjutnya ketika logistik bergerak dari PPK ke TPS, itu akan dikawal lebih kurang 200 personil yang akan bertanggung jawab sampai ke desa, jelasnya.

“Untuk pengawalan, kita terapkan dengan pola 2 anggota kepolisian mengawal untuk 5 TPS dan dibantu 10 orang Linmas,”tambahnya.

Kita juga berharap dan menghimbau kepada masyarakat, ketika hari pemilihan, silahkan datang ke TPS, menggunakan hak pilihnya dan jangan golput. Karena kita akan menjaga kenyaman masyarakat yang dibantu dengan TNI, KPU dan Bawaslu, harapnya.

Penulis: stm. Editor: gun.