HETANEWS

272 Personil Amankan TPS di Tanjungbalai

Kompol Edi Bona Sinaga, Wakapolres Tanjungbalai saat memberikan penjelasan kepada anggota Pam TPS. (foto/ferry)

Tanjungbalai, hetanews.com - Ratusan personil Polres Tanjungbalai, mengikuti pembekalan pengamanan Pemilu 2019, di GOR Wira Satya Mapolres setempat, Jumat (12/4/2019). 

Kegiatan ini, dipimpin Wakapolres Tanjungbalai, Kompol Edi Bona Sinaga dan dihadiri oleh para Pejabat Utama, Kapolsek dan personil yang terlibat dalam pengamanan Pemilu, 17 April  2019.

Untuk pemilihan Presiden dan Legislatif 2019 ini, Polres Tanjungbalai menerjunkan 212 personil, dibantu 60 personil TNI untuk mengamankan 539 Tempat Pemungutan Suara (TPS). 

Wakapolres Tanjungbalai, meminta kepada personilnya agar buku saku pengamanan Pemilu yang sudah dibagikan, dibaca dan dipahami seluruhnya.

Para Kapolsek dan anggota yang hadir. (foto/ferry)

Hal ini dilakukan, agar jajaran Polres Tanjungbalai yang melakukan pengamanan TPS bisa memahami dan mengerti akan kewenangan maupun batasan yang bisa dilakukan oleh petugas Pam TPS. 

"Jangan lupa lakukan pelayanan kepada masyarakat dengan 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun),"ujarnya.

Sementara itu, Komisioner KPUD Tanjungbalai yang diwakili oleh Muhammad Guntur Sitorus  (Devisi Teknis Penyelenggaraan) menyampaikan, bahwa dalam Pemilu kali ini, pemilih yang terdaftar di DPT mendapatkan 5 surat suara. 

Untuk pemilih DPTb (pindah pemilih) tidak mendapatkan semua surat suara dan hanya mendapatkan 4 surat suara. Selain itu, pemilih DPK dapat menunjukkan  E - KTP atau surat yg dikeluarkan Disdukcapil, jelas Guntur. 

Guntur juga menjelaskan, bahwa seluruh formulir rekapitulasi masuk dalam kotak suara Presiden.

Anggota Pam TPS yang mengikuti pembekalan. (foto/ferry)

Ketua Bawaslu Kota Tanjungbalai, Dedi Hendrawan, menyampaikan materi, bahwa potensi kerawanan di TPS, diantaranya penduduk yang pergi ke laut yang mana C6 nya digunakan oleh orang lain selain permasalah tahanan agar kerja sama dalam pendataan.

Sementara Kasat Reskrim, AKP S.K.Harefa menyampaikan, bahwa penanganan tindak pidana pada Gakkumdu (Pemilu ) berbeda dengan tindakan pidana umum dan tata cara pembuatan laporan pada TP Pemilu. 

Kompol Ridwan selaku Kabag Ops Polres Tanjungbalai, memberikan materi tentang tekhnis pengamanan pemungutan surat suara dan hal - hal yang harus dilaksanakan petugas pengamanan surat suara.

Penulis: ferry. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.