HETANEWS

Pemko Tebingtinggi Gratiskan Tenda Bazar UMKM di Arena STQH Ke XVI Sumut

UMKM gratis yang disediakan oleh Pemko Tebingtinggi di arena STQH Ke XVI Tingkat Sumut di Kota Tebingtinggi. (foto/rps)

Tebingtinggi, hetanews.com - Salah satu event yang turut memeriahkan pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadits (STQH) Ke XVI Sumut di Kota Tebingtinggi adalah Arena Bazar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang telah dibuka Wali Kota Tebingtinggi, H Umar Zunaidi Hasibuan, pada Selasa (9/4/2019), lalu.

Dan untuk mensukseskan event Bazar UMKM tersebut, hampir seluruh organisasi pemerintah daerah (OPD) dilibatkan, demi nama baik Kota Tebingtinggi, selaku tuan rumah kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan, di luar Kota Medan. Dan salah satu OPD yang ditunjuk sebagai koordinator Bazar UMKM adalah Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Tebingtinggi.

Untuk memeriahkan bazar UMKM di arena STQH XVI Sumut ini, Dinas Perdagangan  Tebingtinggi telah menyiapkan sebanyak 36 stand tenda untuk menampilkan berbagai informasi pembangunan bagi setiap OPD serta memamerkan produk-produk UMKM dan hasil produk kreatif lainnya, dan semua fasilitas tenda tersebut ditanggung pemerintah kota alias gratis.

Kadis Perdagangan Kota Tebingtinggi, Gul Bakhri Siregar, melalui pelaksana teknis kegiatan, Faisal Tanjung, Jumat (12/4/2019) siang, menjelaskan, selain disediakan untuk OPD-OPD dalam mendukung suksesnya kegiatan STQH Ke XVI Sumut, kepada daerah-daerah lainnya juga sudah diinformasikan bahwa pihak panitia menyediakan tenda-tenda stand yang bisa digunakan untuk memamerkan produk-produk unggulan UMKM mereka.

"Ternyata hanya tiga daerah saja yang mengikutinya, yakni Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Pakpak Barat dan Kabupaten Tapanuli Selatan," jelas Faisal Tanjung.

Ditambahkan Faisal, dari 36 stand bazar UMKM yang disediakan Dinas Perdagangan tersebut, sejumlah tenda telah digunakan oleh OPD Pemko Tebingtinggi dalam mendukung kegiatan STQH Ke XVI tersebut, yakni Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perpustakaan, Dinas Kominfo, Perdagangan dan Dinas Tenaga Kerja.

"Sementara selebihnya digunakan para pelaku usaha untuk menampilkan berbagai macam produk UMKM mulai dari makanan dan minuman serta hasil industry kreatif lainnya. Selain pelaku UMKM binaan Dinas Perdagangan, ada juga pelaku usaha mitra binaan Bank Sumut, Pertamina dan Kimia Farma," sebut Faisal.

Terkait dengan minimnya peran OPD Pemko Tebingtinggi yang ikut serta mengisi tenda-tenda stand pameran bazar UMKM tersebut, Faisal mengaku, bahwa sebelumnya pihak panitia pelaksana kegiatan telah menginformasikan dan menyurati para OPD agar ikut serta dalam mendukung kegiatan bazar tersebut, namun ternyata hanya beberapa OPD saja yang turut berperan.

"Kemungkinan hal ini disebabkan dengan waktu persiapan yang cukup singkat dan mendadak, atau mungkin juga terkait anggaran yang sebelumnya belum dialokasikan untuk kegiatan STQH ini, makanya hanya beberapa OPD saja yang tampil di arena Bazar UMKM tersebut," imbuh Faisal.

Penulis: rps. Editor: gun.