HETANEWS

Robby Tambunan di PAW karena Tak Loyal pada Partai

Jimmy Elison Masito Purba. (Istimewa)

Siantar, hetanews.com- Anggota DPRD Siantar dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Robby Tambunan, disebut tidak loyal kepada partai.

Ketidak loyalan Robby Tambunan, menjadi dasar PKPI Kota Siantar melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) kepada Robby Tambunan.

Ketua PKPI Siantar, Jimmy Elison Masito Purba, mengungkapkan, PAW Anggota Komisi I DPRD Siantar, Robby Tambunan sudah mencuat sejak tahun 2017.

"Dia (Robby) sudah tidak loyal lagi kepada partai. Sudah tidak bayar kontribusi sejak tahun 2016 dan sudah kita panggi dia, kita ingatkan, kita panggil gak dihadiri, bahkan dipanggil ke Jakarta juga gak dihadiri," kata Jimmy, Kamis (11/4/2019) malam.

Ia menjelaskan, pengajuan PAW tersebut dilakukan sebelum 6 bulan masa periodisasi Anggota DPRD Siantar, periode 2014-2019.

"Sebenarnya pengajuan PAW-nya dilakukan tahun 2017. Itu karena dia (Robby) sempat berjanji. Padahal sampai pencaleg-an kemarin kembali kita surati dia juga tidak respon," katanya.

Baca juga: Anggota DPRD Siantar Robby Tambunan di PAW, Sidangnya Bergulir di Pengadilan

Pengajuan PAW oleh PKPI, dilakukan Februari 2019, sementara masa periodisasi Anggota DPRD Siantar, berakhir sekitar September 2019.

"Kita ajukan (PAW) pada bulan Februari, makanya bisa (pengajuannya) sampai ke Gubsu. Wali Kota, DPRD dan KPU juga sudah tanda tangan," ucapnya.

Jimmy menyesalkan setelah 14 hari pengajuan PAW itu, sampai ke Gubernur Sumut, muncul ada gugatan secara hukum yang dilakukan Robby Tambunan.

Ia juga membantah pengajuan PAW dilakukan secara sepihak tanpa ada pemberitahuan kepada Robby Tambunan. Bahkan ia memastikan, pengajuan PAW itu masuk dalam buku ekspedisi.

Terpisah, Dame Jonggi Gultom, selaku Kuasa Hukum Robby Tambunan, menanggapi pernyataan Ketua DPK PKPI tersebut.

"Kenapa baru dibilang sekarang gak loyal, jadi kenapa partai yang mengusung dia itu memilih dia (Robby) jadi caleg. Kan partai yang menyetujui dia (Robby) jadi caleg," pungkasnya.

PKPI mengajukan  PAW Anggota DPRD Siantar, Robby Tambunan kepada Jimmy Elison Masito Purba. Pada 13 Maret 2019, DPRD Siantar menyampaikan usulan PAW ke Gubernur Sumut melalui Wali Kota Siantar.

Penulis: gee. Editor: gun.