Mon 22 Apr 2019

Hakim PN Simalungun Ringankan Vonis Pemilik Sabu 4,8 Tahun

Terdakwa saat mendengarkan vonis 4,8 tahun. disidang PN Simalungun. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Terdakwa Demson Hendri Surya Sirait (38), dinyatakan terbukti bersalah melanggar pasal 112 (1) UU RI No 35/2009 tentang narkotika.

Dipidana 4 tahun 8 bulan denda Rp.800 juta subsider 3 bulan penjara oleh majelis hakim, pimpinan Roziyanti SH, di PN Simalungun, Kamis (11/4/2019).

Vonis tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa Barry Sugiharto SH, yang sebelumnya menuntut pidana penjara selama 6 tahun dan denda yang sama dengan putusan hakim.

Warga Kelurahan Parapat, Kecamatan Girsip ini, ditangkap Polsek Parapat, usai membeli sabu dari Jenggot (DPO) seharga Rp.150 ribu. 

Sepaket sabu seberat 0,18 gram yang diamankan dari terdakwa, diakui adalah miliknya yang dibeli secara patungan dengan marga Sinaga (DPO).

Pada Senin, 10 September 2018 lalu, marga Sinaga datang ke RM milik terdakwa dan mengajak patungan beli sabu. Dari marga Sinaga Rp.100 ribu dan dari terdakwa Rp.50 ribu.

Terdakwa membeli sabu dari Jenggot, di sebuah kedai tuak dan kembali ke rumahnya. Sampai di rumahnya, terdakwa ditangkap saksi A Samosir dan AD Siallagan (Polsek Parapat). Sedangkan marga Sinaga melarikan diri.

Terdakwa diberi waktu 7 hari untuk menentukan sikap dengan putusan hakim itu, terima, pikir-pikir atau banding. Persidangan dinyatakan selesai dan ditutup.

Penulis: ay. Editor: gun.