Mon 22 Apr 2019

Miliki Sepaket Sabu, Budi Chandra Dijadikan Pengguna

Budi berjalan meninggalkan ruang sidang. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com - Budi Chandra Setiawan (35), warga Dusun X Desa Mangke Lama, Kecamatan Limapuluh, Batubara, dijadikan pengguna dan dihukum 2 tahun.

"Menjatuhkan pidana penjara selama 2 tahun,"kata hakim, di PN Simalungun, Kamis (11/4/2019).         

Sebelumnya, jaksa Fransiska Sitorus SH, menyebutkan, jika terdakwa ditangkap dari atas sepeda motornya yang melintas di jalan menuju rumah Putra, di Kelurahan Ujung Padang. Polsek Bosar Maligas, menangkap terdakwa, pada Minggu, 4 September 2018, lalu. 

Barang bukti yang disita, sepaket sabu dari dalam topi merah yang dipakai terdakwa Budi. Juga Hp merk Samsung dan Honda CBR, dikembalikan.

Terbukti, terdakwa ditangkap tanpa alat hisap seperti bong, kaca pirex dan lainnya. Terdakwa ditangkap sedang memiliki sabu, tidak sedang menggunakan.

Sabu itu, diperoleh dari temannya, Eko alias Cekot (DPO). Sebelum sampai di rumah Putra, terdakwa menggunakan sabu bersama Cekot.   

Jaksa Fransiska Sitorus dalam pembuktiannya, mempersalahkan terdakwa dengan pasal 127, sebagaimana dakwaan alternatif ke tiga.

Sebelumnya dijerat dengan pasal 114 atau pasal 112 (1) dan pasal 127 UU RI No 35/2009. Terdakwa pun dituntut  2 tahun 6 bulan penjara dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.           

Majelis hakim, pimpinan A Hadi Nasution SH MH, sependapat dengan jaksa, mempersalahkan terdakwa dengan pasal 127. Hakim pun memvonisnya dengan 2 tahun penjara.

Penulis: ay. Editor: gun.