HETANEWS

Kompak Colong HP Rekannya, Polsek Siantar Marihat Amankan 10 Remaja

Beberapa pelaku yang diintrogasi di tempat kost boru Simarmata

Siantar, Hetanews.com - Sebanyak 10 rejama pria berstatus pelajar diamankan dan bawa personel Polsek Siantar Marihat dengan mobil patroli dari Kos-kosan milik Boru Simarmata di Jalan Melanthon Siregar, Gang Cemara, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Siantar Marihat, Rabu (10/4/2019) malam.

Ke- 10 rejama yang diamankan tersebut mengaku masih bersekolah di Sekolah Teknik Menengah (STM) di Jalan Melanton Siregar, Kota Pematangsiantar.

Terbongkarnya pencurian yang berlangsung di kos-kosan milik Boru Simarmata berwal dari kerapnya anak kos kehilangan Hp.

"Sore tadi, satu pelaku Marga Silaen datang ke kos-kosan meminjam celana, kebetulan ada Hp sedang dicarger, diambil dia," ujar Boru Simarmata ketika ditanyai awak media ini dirumahnya.

Korban pencurian, Stepano Hutabarat (16) tidak mengetahui Hp miliknya dicuri lantaran sedang mengambil buah jambu dihalam kos-kosan tempat tinggalnya.Usai ambil buah jambu, Stepano menyadari kalau HP miliknya telah hilang.

"Langsung lah tadi dikejar si Stepano tadi pelakunya. Pelaku marga Silaen ini tidak mengaku, dicek lah ketasnya, tak ada. Tapi Stepano gak percaya dibuntutinya lah yang mencuri tadi sampek ke warnet. Di warnet dilihat Stepano pelaku ini memberikan HP curian ke temannya," ungkapnya.

Langsunglah korban menangkap pelaku, dan menggeledah pelaku,Setelah pelaku ketahuan mencuri, Stepano membawa pelaku kembali ke kos-kosannya dan langsung mengadukan ke-ibu kosnya. Tommy Simanjuntak anak dari pemilik kos-kosan lasung mengiintrogasi pelaku dan membebarkan rekan-rekannya yang terlibat pencurian HP.

"Dicarilah rekanya yang mencuri dan dapat semua pelakunya. Orang ini uda seperti komplotan, ada yang mantau ada yang mengambil. Sebagiannya lagi menerima uang hasil penjualan HP curian," ucapnya.

Dikatakan Tommy lagi, di kos-kosan milil ibunya tersebut kerap kehilangan HP sebanyak lima kali. Tak hanya HP, sepatu anak kos juga kerap hilang.

Kapolsek Siantar Marihat AKP Bilmar Limbong menyampaikan, pasca mereka amankan, ke -10 pelajar tersebut mereka berikan pembinaan.

"Mereka kita berikan pembinaan dan edukasi, kita beritahu juga kesekolahnya. Mereka kan satu sekolah. Orang tua ke -10 pelajar juga sudah kita beri tahu," pungkasnya

Penulis: hza. Editor: tom.