HETANEWS

Setubuhi Pacarnya, Jaya Diganjar 7,6 Tahun Penjara

Jaya menutup wajahnya digiring petugas, meninggalkan ruang sidang usai vonis. (foto/ay)

Simalungun, hetanews.com -  Jaya Syahputra Dongoran alias Jaya (20) divonis 7,6 tahun,  denda Rp.100 juta subsider 6 bulan, dikurangi masa tahanan sementara yang telah dijalani.

Vonis tersebut, dibacakan secara bergantian oleh ketua majelis hakim, Nobarna Manurung SH dan hakim anggota, Aries Ginting SH, di PN Simalungun, Rabu (10/4/2019).

Terdakwa terbukti berulangkali menyetubuhi pacarnya, Dinda (16 tahun) yang masih berstatus pelajar.             

Meski dilakukan tanpa ada  paksaan dan mau sama mau, tapi korban belum dewasa.  Terdakwa dinyatakan telah terbukti bersalah melanggar pasal I ke I  pasal 82 UU RI No.17/2016 sebagaimana perubahan kedua atas UU No.23/2002 tentang perlindungan anak. Terdakwa dengan bujuk rayunya melakukan persetubuhan.         

Sebelumnya, jaksa Christianto Situmorang SH, menuntut pidana penjara selama 8 tahun dan denda yang sama dengan putusan hakim. Persetubuhan itu, dilakukan di rumah orangtua terdakwa, di Kelurahan Kerasaan I, Kecamatan Pematang Bandar, pada tanggal 10 dan 18 Agustus hingga Desember 2018, lalu. Saksi korban selalu saja datang setiap mendapat pesan WA dari terdakwa.          

Akibat hubungan badan itu, saksi korban Dinda mengalami malu dan selaput darah sudah tidak utuh lagi, karena dapat dilalui 2 jari orang dewasa, sesuai visum yang dibuat dokter. Antara saksi korban dan terdakwa sudah menjalin hubungan pacaran selama 1 tahun 8 bulan. Keduanya juga  sudah saling menyebut ""Inang dan Amang saat akan bersetubuh". Inilah yang terungkap dalam persidangan.          

Atas vonis tersebut, terdakwa menyatakan pikir-pikir, demikian juga dengan jaksa. Persidangan dibantu panitera, Jonni Sidabutar SH, dinyatakan selesai dan ditutup.

         

Penulis: ay. Editor: gun.