HETANEWS

Caleg Money Pilitic Bisa Dipidana Loh..!!

Foto ilustrasi money politic/serangan fajar. (Foto/ Int)

Siantar, hetanews.com -  Delapan hari lagi, masyarakat Kota Siantar akan menentukan pilihannya lewat Pemilu serentak 2019. Yaitu memilih calon Presiden dan Wakil Presiden, anggota legislatif, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Dalam Pemilu serentak ini, ada dugaan calon legislatif (Caleg) yang bertarung menghalalkan money politic (politik uang), untuk meraup suara dari pemilih.

Sementara itu, Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, sebagaimana perubahan UU Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pilkada mengatur sanksi pidana bagi pihak manapun yang menjalankan praktik politik uang.

Menanggapi terjadinya money politic, petugas Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) dapat menindak caleg yang melakukan money politic.

Kata Ketua Sentra Gakkumdu, AKP D. Ompusumggu, jika ditemukan  caleg yang melakukan serangan fajar, maka  temuan tersebut akan dibawa ke Sentra Gakkumdu untuk diplenokan.

"Rekomendasi dari pleno Gakkumdu lah yang dibawa dan menjadi dasar ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) dan menjadi Laporan Polisi (LP),"ungkap Kasat Reskrim Polres Siantar ini.

Tadi formalnya. Kalau bicara materinya, Bawaslu dan Kepolisian bersama melalukan percepatan tindak Pemilu, ucapnya.

"Bawaslu dan Kepolisian mempercepat penyidikan dan ini waktunya lama, karena beda dengan kasus pada umumnya," pungkasnya.

Penulis: hza. Editor: gun.