HETANEWS

Bungkus Mie Instan Ditemukan Awet Meski Sudah Belasan Tahun

Bungkus Indomie berusia 19 tahun di temukan di Pantai Malang. (foto/detik)

Jakarta, hetanews.com - Sampah plastik ternyata benar-benar tidak bisa diurai meski sudah puluhan tahun. Sampah plastik Indomie ini terombang-ambing 19 tahun di laut.

Sampah plastik yang kini telah menjadi sorotan ternyata benar-benar terbukti tak ramah lingkungan. Foto sampah plastik Indomie bertuliskan "Dirgahayu 55 Tahun Indonesiaku" ditemukan oleh seorang mahasiswa di Pantai Sendang Biru, Malang, Jawa Timur.

Foto sampah plastik yang diduga berusia 19 tahun ini menjadi viral di sosial media. Foto ini diunggah oleh mahasiswa bernama Fianisa Tiara Pradani, selaku pemilik akun Twitter @selfeeani.

Dalam akun Twitternya, mahasiswa Universitas Brawijaya ini menulis,"Agustus nanti Indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus Indomie yang bertuliskan dirgahayu Indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun jadi bungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun," tulisnya.

Seperti yang kita tahu, sampah plastik ini memerlukan waktu terurai selama 10-20 tahun. Sehingga kini banyak gerakan berbelanja dengan tas kain untuk mengurangi limbah plastik.

Unggahan foto sampah plastik ini juga mendapat retweet dari Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti. Hingga kini foto tersebut mendapat 13.000 komentar dan 37.424 like. 

Salah satu netizen @incomplete sentenc_ mengatakan "Tahun 2018 lalu ada yang nemu sampah bekas shampoo sachet dari tahun 80-an. Kalau dihitung usianya sudah lebih dari 30 tahun. Terombang-ambing di dasar laut selama itu tidak akan membuatnya terurai."

Banyak netizen yang juga merasa sedih karena usia plastik tersebut lebih tua dari dirinya. @temanhidupmu juga menulis, "Tamparan keras untuk orang-orang yang suka buang sampah plastik sembarangan. Termasuk diri Saya sendiri. Sayangi bumi, kurangi sampah plastik!."

loading..

sumber: detik.com

Editor: bt.