HETANEWS

Bawaslu Samosir Dukung Rencana Kapolres Tangkap Pelaku Money Politic

Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga (paling kiri), ketika salah satu warga HS, melaporkan adanya temuan kampanye politik, di lapangan, beberapa waktu lalu, di kantor Bawaslu. (foto/stm)

Samosir, hetanews.com - Menyikapi maraknya dugaan praktik money politic  (politik uang) di Kabupaten Samosir, Kapolres menegaskan akan melakukan penyelidikan dan menangkap pelaku money politic.

Niat Kapolres Samosir yang menginginkan Pemilu 2019 bersih tersebut, mendapat dukungan dari Bawaslu Samosir.

Bahkan, pihak Bawaslu mengaku siap mendukung dan melakukan operasi bersama, melakukan OTT (operasi tangkap tangan),  di lapangan.

"Kita mengapresiasi komitmen Polres Samosir untuk mencegah dan menindak  penyebar money politic, dan kita tetap melakukan koordinasi dan bersinergis melalui sentra Gakkumdu untuk menindak pelaku money politic, "ujar Ketua Bawaslu Samosir, Anggiat Sinaga ketika dikonfirmasi awak media, di ruang kerjanya, Senin (8/4/2019).

Kedepannya, Bawaslu Samosir akan menginstruksikan pengawas Pemilu di semua tingkatan untuk melakukan patroli di lapangan, mencegah dan menindak pelaku money politic, tegasnya.

"Dimasa tenang nanti, kita akan apel bersama dan menginstruksikan seluruh jajaran pengawas kita melakukan patroli di lapangan untuk mencegah pelaku money politic yang mencoreng nilai - nilai demokrasi ini, " tambah Anggiat.

Menurut pengamatan Bawaslu Samosir, praktik money politic biasanya dilakukan pada masa injury time, seperti masa tenang, pada tanggal 14-16 April 2019 nanti.

"Inikan seperti main sepakbola, fase-fasenya ini biasanya kan di injury time menyerang, seperti di masa tenang, tapi tidak tertutup juga sebelum masa tenang," tegas mantan penggiat LSM ini.

Sebelumnya diberitakan, akibat maraknya dugaan politik uang di Samosir, pihak Polres Samosir langsung mengerahkan anggotanya untuk melakukan penyelidikan dan penangkapan kepada para pelaku money politic.

"Kita akan mengerahkan anggota untuk melakukan penyelidikan dan bila ditemukan akan melakukan penangkapan terhadap pelaku money poltic karena ini sudah meresahkan masyarakat dan merusak demokrasi sehat di pemilu kita ini," ujar Kapolres Samosir, AKBP Agus Darojat, kepada awak media, ketika ditemui di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu, Kamis (5/4/2019).

Kapolres yang mahir menyanyi bahasa Batak ini, juga menghimbau seluruh masyarakat untuk berani  melapor bila menemukan praktik politik uang di lingkungannya.

"Bila ada masyarakat menemukan indikasi-indikasinya dan mencurigai terjadi praktik money politic, laporkan kepada saya, kami akan menindak tegas dan kami akan menjamin keamanan dan merahasiakan identitas pelapor,"tambah Agus Darojat.   

Penulis: stm. Editor: gun.