HETANEWS

Makrab Himapa Bentuk Konsep, Pola Fikir, dan Pola Tindak Mahasiswa

Himpunan Mahasiswa Pakkat (HIMAPA)

Sibolangit, hetanews.com - Waktu menuntut kita untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik. Hal tersebut yang telah mamacu generasi muda bangsa terus mengibarkan sayapnya di dunia pendidikan. Pemuda merupakan tonggak bangsa paling ampuh tajam dan terpercaya. Pemuda merupakan syarat akan inovasi dan kepekaan sosial serta suatu asset penting bagi bangsa yang sedang berkembang.

Untuk itulah mahasiswa sebagai agen of change diharapkan mampu untuk membawa perubahan lebih baik lagi. Dengan memanfa’atkan kekayaan bangsa dan daya pikir yang tajam serta kritis, mahasiswa dapat dipercaya sebagai agen of change. Mahasiswa adalah intelektual muda, dalam sejarahnya mahasiswa mampu untuk membawa perubahan pada Indonesia dari orde baru ke reformasi. Penciteraan mahasiswa sangat kental dengan jiwa almamaterisme.

Menanamkan jiwa almamaterisme kepada mahasiswa/i merupakan hal yang tidak kalah pentingnya dalam rangka mengembangkan karekter dan menciptakan potensi dari mahasiswa itu sendiri.  Penciteraan soft skil dewasa ini menjadi suatu peranan penting dalam penciptaan sumber daya manusia yang berkualitas dan bermartabat.

Salah satu upaya yang Himpunan Mahasiswa Pakkat dalam membentuk almamaterisme pada Mahasiswa-Mahasiswa asal Kecamatan Pakkat adalah melakukan Malam Keakraban (MAKRAB) bagi Mahasiswa Pakkat yang baru bergabung dalam Himpunan Mahasiswa Pakkat. 

Setelah anggota baru mengikuti propti, mahasiswa baru di bawah naungan Himpunan Mahasiswa Pakkat (HIMAPA) menggelar acara Malam Keakraban (MAKRAB) yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 5-7 April 2019 di Bumi Perkemahan Pramuka, Sibolangit.

Dalam acara tersebut juga hadir beberapa Alumni, perwakilan dari senior angkatan sebelumnya dan Pengurus-pengurus purnabakti. Diharapkan dengan adanya acara ini para mahasiswa anggota baru dan yang lama dapat saling mengenal dan berinteraksi antar satu dengan lainnya pada saat berada di dunia perkuliahan juga perantauan. Kegiatan yang diketuai oleh Kiki Simanullang tersebut diikuti oleh peserta anggkatan 2018 namun ada juga beberapa dari angkatan 2017.

Beliau merasa sangat bahagia dengan jalannya acara ini. "Saya sangat bersyukur kepada Tuhan karena acara ini dapat berjalan dengan baik, semoga bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa yang baru serta kami semua yang telah lebih dahulu berada di HIMAPA" ujar Kiki Simanullang.

Peserta mendapatkan berbagai materi dan informasi seperti, Sejarah Pergerakan Mahasiswa Indonesia, Sejarah berdirinya Himpunan Mahasiswa Pakkat, Mengupas soal Sumber Daya Manusia hingga tentang Solidaritas yang disampaikan oleh tiga pemateri yakni, Bernata Manalu, ST (Alumni Fakultas Teknik Universitas Dian Nusantara, Medan kader Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia), Raja Oloan Sinambela, S.Pd (Alumni Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan, Kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia) dan Feder Simanullang (Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Darma Agung).

Ada berbagai rangkaian acara dan yang menjadi acara pokok adalah pembekalan kepribadian, iptek, fisik hingga Mental. 
"Mental menjadi kunci keberhasilan, jatidiri bagi setiap insan manusia.

Kepribadian yang hebat, seperti pertemanan yang luas, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi, memiliki fisik yang sempurna tidaklah ada apa-apanya kalau manysianya tidak memiliki Mental yang mumpuni.

Mental yang kami maksud adalah JATIDIRI, pola pikir, yaitu bagaimana mahasiswa-mahasiswa pakkat menjadi pribadi yang tegas dan konsisten tidak mudah goyah baik oleh hentakan bentakan juga godaan.

Mengingat dengan betul bahwasanya dipundaknya ada banyak cita-cita yang ditipkan dari Pakkat, baik oleh dirinya sendiri, keluarga di rumah, teman-teman seangkatannya terlebih oleh masyarakat. Mereka juga kita bekali bagaimana menjaga kekekuargaan antar mahasiswa Pakkat yang ada di perantauan, yaitu antarmahasiswa bisa memperlakukan seperti keluarga dan saudara sendiri....."ringkas Bernata Manalu

Selain itu hadir pula ketua-ketua purnabakti lintas periode. Ada Dubes Marbun (Ketua HIMAPA Periode 2014-2015), Okto Simanungkalit (Ketua HIMAPA Periode 2017-2018) yang turut memberikan materi tentang Pendidikan Karakter.

Okto Simanungkalit dalam kesemparan ini juga sekaligus mengukuhkan kepengurusan baru tanda berlanjutnya tongkat estafet, arak-arakan organisasi kepada pengurus baru, Heryanto Sigalingging (Mahasiswa Hukum Universitas HKBP Nommensen Medan) sebagai ketua, Iwan Nainggolan (Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Universitas Medan Area) sebagai sekretaris dan Paldo Purba sebagai bendahara.

Sebagai hiburan dilaksanakan acara api unggun, renungan suci dan refleksi juga berfoto bersama untuk arsip dan dokumentasi organisasi.

Begitupun rasa antusias dan bahagia terpancar dari raut wajah para mahasiswa anggita baru ketika mengikuti acara ini. Kegiatan yang merupakan acara tahunan ini merupakan rutinitas dari program kerja HIMAPA. Di akhir acara seluruh peserta acara ini meneriakkan,"SELAMA KAMI ADA, HIMAPA AKAN TETAP ADA. HIDUP MAHASISWA!!!

Penulis: tim. Editor: sella.