HETANEWS

Dua Medali Perak Catatan Terbaik Timnas Indonesia U-23 di SEA Games

Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2013.

Jakarta, hetanews.com - Penggunaan tim nasional U-23 di cabang olahraga sepak bola SEA Games baru diterapkan pada gelaran 2001. Namun, catatan terbaik timnas Indonesia U-23 di ajang tersebut adalah dua medali perak.

Keduanya diraih timnas U-23 pada gelaran 2011 dan 2013. Sebelum SEA Games 2011, Garuda Muda hanya mampu meraih dua tempat di posisi keempat dan pada tiga gelaran lainnya tersingkir di fase grup.

Pada gelaran 2011, Indonesia menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar se-Asia Tenggara itu. Timnas U-23 pun diunggulkan bisa berprestasi, meski pada gelaran 2009 tersingkir di fase grup sebagai juru kunci Grup B.

Di SEA Games 2011, timnas U-23 lolos dari Grup A sebagai runner-up. Mereka mampu mengalahkan Kamboja, Singapura dan Thailand, serta hanya kalah dari Malaysia. Di semifinal timnas U-23, mampu mengalahkan tim kuat Vietnam 2-0.

Gol Patrich Wanggai dan Titus Bonai menjadi penentu kemenangan. Di babak final melawan Malaysia, Indonesia harus takluk lewat adu penalti setelah di waktu normal dan babak perpanjangan waktu bermain imbang 1-1.

Timnas U-23 sebenarnya sudah memiliki asa untuk menang setelah Gunawan Dwi Cahyo mencetak gol di menit kelima. Namun, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan lewat Asraruddin.

Di babak adu penalti, dua pemain tim besutan Rahmad Darmawan itu, Gunawan dan Ferdinand Sinaga gagal melakukan tugasnya dengan baik. Sedangkan dari Malaysia hanya satu pemain yang gagal.

Pada SEA Games 2013 Myanmar, timnas U-23 diharapkan bisa membalas kegagalan dua tahun sebelumnya. Masih ditangani oleh Rahmad Darmawan, timnas U-23 tergabung di Grup B bersama Thailand, Myanmar, Timor Leste dan Kamboja.

Timnas U-23 lolos dari fase grup sebagai runner-up, setelah mengalahkan Kamboja dan Myamar, serta bermain imbang tanpa gol melawan Timor Timur. Namun, Yandi Munawar dkk takluk dari Thailand 1-4.

Di semifinal, timnas U-23 berhasil membalas kekalahan dari Malaysia juga lewat adu penalti, setelah skor imbang 1-1 di wakti normal dan perpanjangan. Sayangnya, di final timnas U-23 harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 0-1.

Sejak itu, timnas U-23 tidak pernah lagi bisa mencapai babak final. Pada gelaran terakhir, Sea Games 2017, timnas U-23 hanya mampu meraih medali perunggu. Timnas U-23 pun diharapkan bisa meraih hasil terbaik di SEA Games 2019 Filipina, November dan Desember mendatang.

Sementara itu, Grab Sebagai Official Mobile Platform Partner mendukung Timnas Garuda yang bertanding di AFF U-22 Kamboja. Di luar kita beda, di lapangan kita sama #GrabDekatkanPerbedaan #DekatDenganGrab.

sumber: inews.id

Editor: sella.