HETANEWS

Pertimbangan Untuk Memilih Kembali Anggota DPRD Siantar

Anggota DPRD Siantar pada rapat paripurna dugaan penistaan etnis Simalungun 25 Mei 2018 di gedung Harungguon Bolon

Siantar hetanews.com - Pemilu serentak akan dilaksanakan pada Rabu 17 April 2019 yang akan datang. 

Warga Kota Siantar diharapkan mampu menyadari bahwa pemilu adalah momentum untuk memilih pemimpin yang baik dari sebelumnya.

Pada Pemilu serentak 2019 ini, warga Kota Siantar akan memilih Caleg Anggota DPRD Siantar. Selain itu, memilih Caleg DPRD Provinsi, DPR RI, DPD dan Presiden periode 2019-2024.

Khusus Caleg DPRD Siantar pada Pemilu kali ini mendapat sorotan. Mengingat 30 jumlah Anggota DPRD periode sebelumnya, belum berhasil menjalankan fungsinya sebagai legislator atau yang lebih awam disebut sebagai wakil rakyat.

"Kalau kita lihat selama lima tahun ini tidak ada progressnya, tidak ada keberhasilan anggota dewan, yang ada hanya datang duduk dan menerima gaji," ucap Reinhard Sinaga, Sabtu (6/4/2019).

Hal itu disampaikan praktisi hukum ini setelah mengamati kinerja anggota DPRD Siantar  dalam penyelesaian masalah, dugaan penistaan, pembangunan Tugu Sang Naualuh dan Perusahaan Daerah yang belum tuntas di selesaikan.

"Kita tengok aja, misalnya PDPAUS, apa pernah DPRD diminta pertanggung jawabanya. Lantas apa yang anggota DPRD kerjai selama ini, kunjungan kerja kan, lalu apa prodak perda yang sudah mereka buat?," pungkasnya.

Ia menyarankan agar warga kota berhawa sejuk ini mempertimbangkan matang-matang pilihanya untuk Anggota DPRD Siantar. 

Apalagi, sebutnya, kekecawaan warga terhadap kinerja DPRD Siantar akan mempengaruhi pilihan. Meski demikian, ia tidak menyarankan agar warga tidak memilih anggota DPRD Siantar yang mencalonkan lagi.

"Banyak anggota DPRD yang hanya datang duduk dan diam. Habis selesai pemilu warganya ditinggalkan," ucapnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, terhitung 30 Caleg yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Siantar periode 2014-2019. 

Ke-30 orang itu diantaranya ada yang masih duduk sebagai anggota DPRD Siantar dan ada yang mengundurkan diri. Keseluruhannya Caleg ini tersebar di 3 Daerah pemilihan di Kota Siantar.

Baca juga: Ikut Nyaleg, Anggota DPRD dan Eks-DPRD Siantar Tersebar di 3 Dapil

Penulis: gee. Editor: edo.