HETANEWS

Distan Asahan Boboti Petugas Penyuluh yang Tersebar di 25 Kecamatan

Para penyuluh yang tersebar di 25 kecamatan, mendengarkan pemaparan yang disampaikan pemateri, pada sosialisasi, di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Jalan Gatot Subroto Kisaran, Selasa (2/4/2019). (Foto/Ren)

Asahan, hetanews.com - Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Asahan, mengadakan sosialisasi terhadap petugas penyuluh yang tersebar di 25 Kecamatan se-Kabupaten Asahan, pada Selasa (2/4/2019), lalu, di Aula Dinas Pertanian setempat, Jalan Gatot Subroto Kisaran.

Acara tersebut, dimaksudkan untuk  meningkatkan kinerja penyuluh dalam melakukan pengawasan dan pendampingan kelompok tani, sesuai dengan kelas kemampuannya serta menyediakan database kelompok tani, melalui sistem penyuluh pertanian (Simluhtan).

Sekretaris Dinas Pertanian Asahan, drh Yusnani dalam keterangannya, mengatakan, perlunya mengedukasi para petugas penyuluh agar melakukan penilaian terukur terhadap kelompok tani yang dianggap layak untuk selanjutnya dinaikkan status dan kelasnya.

"Banyak diantara kelompok tani yang saat ini perlu diregenerasi, karena mungkin sebagian juga ada kelompok tani yang tidak aktif atau 'mati suri'. Nah, disinilah peran petugas penyuluh untuk menyeleksi dan memberikan pemahaman terkait peningkatan status dan kelas dari kelompok tani yang didampinginya,"jelasnya.

Selain itu, lanjut Yusnani, pembinaan dan penilaian yang ditujukan kepada para kelompok tani harus terlebih dahulu mengikuti program pokok yang telah disyaratkan untuk kemudian dapat dinaikkan kelasnya.

"Kepada para kelompok tani agar dapat menunjukkan dan memaksimalkan kinerjanya supaya dapat dinaikkan kelasnya dari pemula ke madya, dari madya ke utama. Karena akan banyak manfaat yang didapat ketika kelompok tani tersebut memperoleh predikat kelas,"terangnya.

Terakhir, ia berpesan kepada para penyuluh agar membangun hubungan yang baik, serta dapat meneruskan hasil sosialisasi tersebut kepada masing-masing kelompok tani.

Penulis: rendi. Editor: gun.

Ikuti Heta News di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan Google News untuk selalu mendapatkan info terbaru.