HETANEWS

Tinjau Longsor Jalan Siantar-Tanah Jawa, Gubsu Bentuk Tim Menelusuri Penyebabnya

Edy Rahmayadi (tengah) saat meninjau lokasi longsor. (foto/gee)

Simalungun, hetanews.com - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, meninjau jalan penghubung antara Kecamatan Tanah Jawa - Kota Siantar, di Nagori Marubun Jaya, Kabupaten Sinalungun, Selasa (2/4/2019) siang.

Dalam kunjungannya, Edy Rahmayadi, bakal membentuk tim untuk menelusuri penyebab terjadinya longsor yang menyebabkan jalan tersebut terputus, Minggu (31/3/2019) kemarin.

Edy sempat berkeliling di lokasi jalan terputus yang letaknya di areal perkebunan sawit PTPN IV, seraya membawa peta lokasi kawasan tersebut.

Gubsu juga mengecek titik asal banjir yang mengakibatkan jalan penghubung Siantar-Tanah Jawa itu, mengalami erosi, sejak Oktober 2018 yang lalu.

Kepada sejumlah awak media di lokasi,  Edy menjelaskan, tim yang akan dibentuk itu melibatkan Dinas PU, Dinas Kehutanan, dan Dinas Perairan.

Baca juga: Bupati Simalungun: Jalan Tanah Jawa-Siantar akan Diperbaiki

"Kenapa ini banjir? Itu akan ditelusuri. Kita harus tahu supaya bisa dicari solusinya," jelasnya.

Edy mengungkapkan, salah satu hal yang bakal ditelusuri adalah adanya penebangan-penebangan pohon, di sekitar lokasi kejadian.

"Mana tahu ada (pohon) hutan yang ditebang-tebang, kan. Kita harus tahu,"tegasnya.

Amatan di lokasi, jalur Kecamatan Tanah Jawa- Kota Siantar ini, sebagian sudah ditimbun dengan sejumlah material batu dan pasir. Namun pengendara masih melewati jalur alternatif.

Penulis: gee. Editor: gun.
Komentar 1