HETANEWS

Camat Pollung Ajak Warga Bangkitkan Kembali Budaya Gotong Royong

Camat Pollung, Parman Lumban Gaol ikut bergotong royong bersama warga di Desa Parsingguran I, Senin (1/4/2019). (Foto : Irwanto Manalu)

Humbahas, hetanews.com - Camat Pollung, Parman Lumban Gaol, himbau setiap desa dapat kembali menggalakkan budaya gotong royong, di 13 desa yang tersebar di kecamatan, yang dipimpinnya.

Kecamatan Pollung yang berada di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), kata Camat, saat ini terlihat kalau kegiatan gotong-royong  mulai sangat jarang kelihatan.

"Masyarakat harus dapat kembali meningkatkan kepedulian terhadap kegiatan gotong royong. Kegiatan gotong royong itu bisa saja di mulai dari Kadus, Desa dan terus hingga ketingkat Kecamatan," terang Parman, kala ikut bergotong royong, di Desa Parsingguran I, Senin (1/4/2019).

Ia menambahkan, mengenai kegiatan gotong royong yang rencananya akan dihelat sekali sebulan, sudah dinstruksikannya ke masing-masing desa yang ada di Pollung. Tujuannya, agar tercipta kebersihan lingkungan dan diharapkan agar dapat kembali menghidupkan kepedulian dalam gotong royong bersama.

Ditegaskan dia, mengenai gotong royong tersebut sebenarnya sudah menjadi wewenang desa. Bagaimana cara Kepala Desanya merangkul masyarakat untuk mengadakan gotong-royong.

Apalagi, saat ini masing-masing desa sudah memiliki wewenang yang luas.

"Jadi disini seharusnya masing-masing desa yang ada harus kreaktif. Harus dapat bersinergi bagaimana untuk mengembangkan desanya. Salah satunya dapat meningkatkan keharmonisan masyarakat satu dan yang lain melalui kegiatan gotong royong yang telah dijadwalkan sekali sebulan. Namun begitu, kita selaku Camat akan tetap memandu," sambungnya.

Satu diantara warga Kecamatan Pollung , Irwanto Manalu menilai, dengan adanya kegiatan gotong-royong tentunya sangat baik.

Terlebih hal tersebut secara tidak langsung dapat meningkatkan rasa persaudaraan antara satu dan yang lain.

"Saya sangat setuju, apabila kegiatan gotong-royong dapat terjadwal. Bisa saja membersihkan lingkungan, membersihan selokan, secara bersama-sama. Hal ini juga dapat meningkatkan tali silaturahmi antar sesama," tukasnya.

Penulis: rachmat. Editor: gun.