HETANEWS

Anda Pecinta Produk Lokal? Yuk Hari Sabtu Ini Belajar Membatik di Rumah Bapak Sumiharjo Pakpahan

Taufik (50) alias Canting salah satu pengajar ketika menggambar corak dikain polos yang akan dijadikan batik, Jumat (29/3/2019). (foto/hza)

Siantar, hetanews.com - Buat anda pecinta produk lokal seperti batik yang berasal dari Jawa ini dan telah menyebar se-Indonesia dengan ciri khas etnik yang melekat pada masing-masing daerah, Jumat (29/3/2019).

Melihat dan memakainya tentu sudah biasa. Kali ini, Bapak Mayjen TNI Purnawirawan (Purn) Sumiharjo Pakpahan yang merupakan ayahanda Suhanto Pakpahan akan memberikan pelatihan membatik.

Tapi pernah kah Anda berpikir untuk belajar membatik?. Bagi yang ingin mencoba membatik bisa mendatangi rumah bapak, Sumiharjo Pakpahan di Lorong 6, Kecamatan Siantar Utara, Kota Siantar. Pelatihan batik akan dilaksanakan, Sabtu (30/3/2019), yang dimulai sejak pagi pukul 08.00 WIB, sampai selesai.

Ratusan canting, alat yang dipakai untuk memindahkan atau mengambil cairan yang khas digunakan untuk membuat batik tulis yang disediakan untuk masyarakat belajar membatik, Jumat (29/3/2019). (foto/hza)

Mayjen TNI Purnawirawan (Purn) Sumiharjo Pakpahan menyampaikan, dengan pelatihan membatik ini diharapkan
masyarakat Kota Siantar lebih produktif terkhususnya membatik. Karena membatik menjadi pakian nasional.

Jelas Mayjen TNI (Purn) Sumiharjo Pakpahan, saat ini terkhusus masyarakat Kecamatan Siantar Utara dan Kecamatan Siantar Barat yang mendapat pelatihan membatik.

"Kita juga berharap nantinya batik ini motifnya, motif batak. Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Karo, Batak Pakpak dan Batak Maindailing. Nantinya dibatiknya ada tertulis marga-marga, otomatis masyarakat akan membeli," pungkasnya seraya berharap dapat mendongjrak prekonomian rakyat.

Penulis: hza. Editor: sella.