Siantar hetanews.com - Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (DPD P4B) Pematangsiantar periode 2019-2022 resmi dilantik. 

Pelantikan DPD P4B ini berlangsung di Pasar Horas Jaya, Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Dwikora, Kota Siantar, Kamis (28/3/2019) siang. 

Setelah dilantik oleh pengurus DPW P4B, kini DPD P4B Pematangsiantar menjadi salah satu organisasi pedagang pasar tradisional di Kota Siantar. 

Ketua DPD P4B Pematangsiantar, Nobel H Marpaung mengatakan, kedepannya P4B berupaya untuk membuat Pasar Horas Jaya semakin diminati masyarakat.

Ia juga mengatakan bahwa P4B Pematangsiantar tetap mendukung Direksi PDPHJ dalam mengelola Pasar Horas Jaya dan pasar tradisional yang ada di Siantar. 

Dikesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) P4B, Suwarno, mengatakan P4B Pematangsiantar merupakan kepengurusan pertama diluar Kota Medan. 

"Ini menjadi bukti bahwa kehadiran P4B sebagai organisasi pedagang ,memang dibutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan Pedagang," kata Suwarno.

Ia menjelaskan, P4B berdiri pada 2 Juli 2015 sebagai organisasi pedagang, yang pengurusnya murni para pedagang tradisional. 

Ia mencontohkan dirinya, yang merupakan pedagang kelapa di pasar Petisah Kota Medan yang sudah puluhan tahun berjualan.

"Tujuan P4B murni membela nasib pedagang. Bukan sebaliknya, memanfaatkan pedagang untuk kebutuhan pengurus," ucapnya.

Pengurus DPP P4B menyerahkan plakat ke Kapolres Siantar, AKBP Heribertus Ompusunggu. AKBP Heribertus sebagai Dewan Pelindung P4B Pematangsiantar

Ia juga mengakui arus globalisasi yang begitu deras telah menciptakan digitalisasi disemua sektor, tidak terkecuali di sektor perdagangan.

Di era sekarang, sambung Suwarno, telah menggeser transaksi konvensional ke arah platform digital melaui perdangan secara online.

Aplikasi perdangan online, kata dia, sudah merambah ke setiap transaksi di hampir seluruh pasar tradisional. Jika ini dibiarkan pasar tradisional akan tinggal nama. 

"Sebagai antisipasi awal, P4B dan perusahaan daerah di Medan dan salah satu perusaahaan telekomunikasi, telah memasang wifi di Pasar petisah, Kota Medan," katanya.

Hadir dalam acara ini, Dirut PDPHJ Bambang K Wahono, Kapolres Siantar AKBP Heribertus Ompusunggu, Walikota Siantar diwakili oleh Staff Ahli Pemko Siantar, Daniel Siregar.