HETANEWS

Bantai Thailand 4-0, Vietnam Melaju ke Putaran Final Piala Asia U-23

Tim nasional Vietnam U-23 memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-23 setelah membantai Thailand U-23 4-0 pada matchday ketiga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Nasional My Dinh, Selasa (26/3/2019) malam. (Foto: the-afc.com)

Inggris, hetanews.com - Tim nasional Vietnam U-23 memastikan tempat di putaran final Piala Asia U-23 setelah membantai Thailand U-23 4-0 pada matchday ketiga Grup K Kualifikasi Piala Asia U-23 di Stadion Nasional My Dinh, Selasa (26/3/2019) malam. 

Dengan hasil itu, Vietnam dipastikan lolos dengan status juara Grup K dengan poin 9. Sementara Thailand finis sebagai runner-up dan sudah dipastikan lolos sebagai tuan rumah. 

Pada laga tersebut, Thailand tampil lebih menekan sejak pertandingan dimulai. Striker Thailand Supachai Jaided mencoba peruntungannya ketika laga baru berjalan lima menit dengan melepaskan tendangan jarak jauh. Tetapi, sepakannya masih melambung ke atas mistar gawang. 

Vietnam kemudian melancarkan serangan balik yang begitu berbahaya. Tetapi, pergerakan tuan rumah mampu dihentikan oleh bek Thailand. Bola pun lebih banyak bertahan di tengah lapangan, sehingga minim peluang tercipta. 
 
Tak lama kemudian, Vietnam melalui Ha Duc Chinh pada menit ke-17. Dia sukses melewati pertahanan Thailand yang ketat, sebelum akhirnya melepaskan tembakan keras ke gawang tim tamu. 

Setelah itu, Vietnam lebih banyak bermain bertahan dan sesekali menyerang balik, sehingga keunggulannya bertahan hingga babak pertama usai. 
 
Bertekad untuk menyamakan kedudukan, Thailand pun berusaha untuk bermain agresif pada awal babak kedua. Tetapi, penyelesaian yang sedikit tergesa-gesa membuat mereka kesulitan memaksimalkan serangan. 
 
Vietnam justru menggandakan keunggulannya pada menit ke-53. Nguyen Hoang Duc yang tak terjaga menerima umpan dari Nguyen Quang Hai sebelum melepaskan tendangan yang tak bisa ditahan Kiper Thailand Nont Muangngam. 
 
Petaka bagi Thailand, mereka harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-57. Supachai Jaided kedapatan memukul pemain Vietnam, sehingga wasit pun tak memiliki pilihan lain untuk menunjukkan kartu merah langsung. 
 
Keadaan itu pun langsung dimanfaatkan dengan baik oleh Vietnam. Keunggulan mereka bahkan semakin lebar pada menit ke-63. Berawal dari tendangan bebas, Quang Chung terlepas dan melepaskan tendangan untuk mencetak gol ketiga timnya. 
 
Vietnam kemudian kembali menjebol gawang Thailand pada masa injury time. Pemain Thailand sukses mengelabui barisan pertahanan Thailand dan mencetak gol. Kejadian tersebut sekaligus mengakhiri jalannya pertandingan. 
 
SUSUNAN PEMAIN 
VIETNAM (3-4-3) 

Bui Tien Dung; Nguyen Thanh Chung, Tran Dinh Trong, Huynh Tan Sinh; Doan Van Hau, Trieu Viet Hung, Truong Van Thal Quy, Ho Tan Tai; Nguyeng Hoang Duc, Ha Duc Chinh, Nguyen Quang Hai 
Pelatih: Park Heong-so 
 
THAILAND (3-5-2) 
Nont; Saringkan, Shnnaphat, Kritsada; Kannarin, Wisarut, Sakunchai, Worachit, Jakkit; Supachai, Supachok 
Pelatih: Alexandre Gama

sumber: inews.id

Editor: sella.