HETANEWS

Pendeta Muda Asal Nias Melinda Zidomi Dibunuh, Jenazahnya Ditutupi Semak dan Kayu

Sumatera Selatan, hetanews.com - Seorang perempuan muda yang kabarnya berprofesi sebagai pengurus gereja sekaligus pendeta di Sungai Baung, Kabupaten OKI Sumatera Selatan, dibunuh. Identitasnya bernama Melinda Zidemi.

Dodi, pekerja PT Sawit Mas Persada mengatakan, Melinda dikenal ramah dan baik pada warga dan pekerja di sana. "Dia sering datang dan mengajak warga ngobrol dan bercerita.

Pokoknya setahu saya sangat ramah dan peduli," kata Dodi. Sehari sebelum mayatnya ditemukan Dodi juga sempat melihat Melinda yang datang bersama seorang anak kecil ke Divisi 1.

Sementara Melinda sendiri tinggal di mess yang ada di divisi 4 perekebunan PT SM. Informasi peristiwa ini mula-mula disebarkan oleh akun facebook Dodi, Selasa (26/3) pagi.

Ia mengunggah foto semasa hidup dan TKP saat Melinda ini ditemukan. Dodi mengatakan mayat perempuan muda ini ditemukan pada Selasa (26/3) pukul 06.00.

Pembunuhan diperkirakan terjadi sehari sebelumnya, Senin (25/3), pukul 17.00 WIB Dodi menjelaskan, perempuan muda yang diketahui bernama Melinda itu merupakan pengurus gereja yang ada di areal perkebunan itu.

Sore sekitar pukul 16.00 perempuan muda yang berasal dari Nias, Sumatera Utara itu datang ke Divisi 1 dari mess tempat tinggalnya di Divisi 4. "Jaraknya sekitar 2 kilometer.

Dia datang mau ngurus gereja bersama anak kecil sekitar 11 tahun.

BREAKING NEWS: Wanita Bernama Melinda Ditemukan Tewas di Sungai Baung OKI, Diduga Korban Pemerkosaan

Saat itu saya lihat sendiri mereka datang saat saya sedang bongkar bibit," katanya.

Dari Divisi 1 sekitar pukul 17.00, Melinda dan anak kecil tadi pulang ke Divisi 4. Di tengah perjalanan, keduanya dicegat dua orang laki-laki. "Si anak berhasil meloloskan diri dan melapor ke Divisi 4," katanya.

Sore itu semua orang lalu mencari Melinda. Akhirnya Melinda ditemukan pukul 06.00 pagi. "Sepeda motor dan barang-barang lainnya masih ada.

Jenazahnya ditutupi semak dan kayu," kata Dodi.

Masih mencoba menghubungi pihak kepolisian untuk mengetahui detil resmi.

  • Netizen sebut Melinda menikah Juni

Penemuan jasad korban juga dibagikan akun Facebook Ferniwati Zalogo. Dalam unggahannya terdapat 5 foto terdiri 3 foto wanita cantik dan 2 foto mayat. Dia menandai 6 akun lainnya Ferniwati Zalogo dalam unggahan menulis keterangan foto sebagai berikut:

Selamat jalan cucu kami Melinda Zidemi semoga damai di sisi Bapa....
Kaget, sedih rasanya kami mendengar kabar mu pagi ini...

S3moga p3lakunya dapat ditemukan dan diberi ganjaran yang setimpal terhadap perbuatannya....

Inilah seorang hamba Tuhan yang di temukan tewas dan t3lanjang.

Semoga keluarga yang ditinggalkanndi beri penghiburan dan suka cita dari Bapa di surga.

Belum diketahui kebenaran peristiwa tersebut. Namun, unggahan tersebut sudah menjadi viral. Akun facebook lainnya, Ferdianus Jebua Ferdin Jebua turut membagikan 3 foto penemuan mayat dan satu foto seorang wanita.

Dia menulis keterangan berikut:

ini yang saudara kita yang tehala korba udah ketemu tp belum ketemu pelakunya. 
Nm cewek ni melinda jid6mi.
ini seorang pendeta kenapa dilakukan seperti ini sapae dibunuh.

Unggahan tersebut sudah hampir 700 kali dibagikan dan 300 komentar serta 800 emoticon. Dalam kolom komentar, Ferdianus Jebua Ferdin Jebua menyebut Sungai Baung, Sumatera Selatan.

Penemuan mayat tersebut disebut pada Senin (25/3/2019) pukul 17.30 sore. Bahkan ada warganet menyebut korban akan menikah pada Juni nanti.

Berikut komentar warganet di akun Facebook Ferdianus Jebua Ferdin Jebua Mega Menggo Gea Itu asal orgnya Nias selatan, kepulauan pulau Batu /Tello (Pulau Hibala) dia melayani kependetaan di Palembang.

@Anugerah Gaurifa Saya masih saudara nya MELINDA ZIDEMI kami sekeluarga turut berduka cita yg sedalam-dalam nya semoga keluarga yg di tinggalkan tabah dalam menghadapi kejadian ini.. dan semoga pelaku ny cepat ketemu dan di hukum yg setimpal dia perbuat..

Kronologi nya adek kami melinda zidemi dari Nias pulau Hibala sekolah di PALEMBANG DI GEREJA KRISTEN INJILI INDONESIA yg terletak di daerah sekojo palembang dan di tugas kan di Sungai Baung agak jauh dari kota dan kamarin sore dia bawak kendaraan sepada motor mau kepasar berdua sama anak kecil mau belanja sekitar jam 05 sore.. dan jenazah baru ketemu pagi tdi sekitar jam 06 mungki n besok atau lusa akn di bawa ke NIAS...

@Supri Mulyani Ya Tuhan kiranya Engkau beri kekuatan dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkannya dan semoga pelakunya cepat tertangkap

@ErNias Mado Gea Turut berduka cita y,,, semoga kk Melinda Zidemi ditmpatkan disisinya bapa disurga. Pelakunya cepat ditemukan!!!
Tuhan yesus penghibur bagi keluarga yg ditinggal!!!

@SepJan Mendròfa Semoga pelaku cepat ditemukan dan dihukum sesuai perbuatan... Semoga korban diterima di sisi Tuhan keluarga yg ditinggal diberi ketabahan dan kesabaran.

@Pynu Yaampun koq spt itu bulan 6 ini sebntr lg dia nikah...smoga pelakunya cpt ktangkp

  • Penjelasan Polda Sumsel
Penemuan Mayat Pendeta Cantik diduga bernama Melinda Zidemi
Penemuan Mayat Pendeta Cantik diduga bernama Melinda Zidemi 

"Jadi dari informasi yang didapat korban sedang pergi bersama rekannya Nita Pernawan dari divisi 4 menggunakan sepeda motor Honda Revo warna hitam menuju pasar Jeti.

Saat perjalanan pulang korban dihadang oleh orang tidak dikenal menggunakan kayu balok," ujar Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Selasa (26/3/2019).

Lanjutnya, korban diperkirakan dihadang oleh dua orang pelaku yang datang menggunakan penutup muka atau wajah kedua korban dibekap dan dicekik oleh para pelaku sebelum dibuang ke dalam kebun.

 "Korban masing-masing atas nama Melinda Zidoni dan Nita Pernawan diseret oleh pelaku kedalam sawit kemudian ke 2 korban dicekik dan tangan diikat menggunakan karet bekas ban dalam motor.

Saat dicekik itulah korban Nita Pernawan pingsan dan dibuang di semak semak di areal perkebunan sawit, sedangkan korban Melinda dicekik hingga meninggal.

Jarak antara tempat korban dicekik dan dibuang sekitar 100 meter," jelasnya.  Menurutnya hingga saat ini pihak kepolisian Polres OKI tengah menyelidiki untuk mengungkap kasus tersebut.

Diduga juga korban Melinda sebelum dibunuh oleh para pelaku diperkosa terlebih dahulu. "Saat ini pihak Polres OKI tengah menyelidiki kasus ini," jelasnya. 

  • Pendeta GKII

Suasana tampak ramai terlihat di Gereja Kristen Injili Indonesia (GKII) yang berada di Jalan Urip Sumoharjo Sekojo Palembang.

Karena mereka adalah teman-teman dari Melinda Zidomi yang menjadi korban pembunuhan dan ditemukan Sungai Baung Kabupaten OKI Sumatera Selatan.

Teman-teman seangkatannya mengatakan bahwa Melinda statusnya sudah menjadi Pendeta dan tamat pada tahun lalu. "Iyo mas Dio tuh tamatan tahun lalu kalau dak salah tahun 2018," ujar salah satu teman laki-lakinya.

Sejumlah teman dari Melinda Zidemi sudah berdatangan di Gereja Kristen Injili Indonesia yang tepat berada di jalan Urip Sumoharjo Sekojo Palembang. Selasa (26/3/2019)
Sejumlah teman dari Melinda Zidemi sudah berdatangan di Gereja Kristen Injili Indonesia yang tepat berada di jalan Urip Sumoharjo Sekojo Palembang. Selasa (26/3/2019)

Ia menambahkan bahwa jenazah akan dibawa ke sini (Gereja Kristen Injili Indonesia) untuk disembayangkan dan silakan. Lalu, akan dibawa keluarganya ke Nias, Sumatra Selatan. Namun ketika di mintai keterangan baik dari pihak gereja dan keluarganya mereka enggan berkomentar.

sumber: tribunnews.com

Editor: sella.