HETANEWS.COM

KNPSI dan Suku Simalungun Pastikan Tidak Berperan dalam HUT Kota Siantar 2019

Rangkaian kegiatan acara HUT KE-147 Kota Siantar di Pamatang, 24 April 2018.

Siantar, hetanews.com - Dalam rangka HUT Kota Siantar yang akan datang, DPP KNPSI menyerukan agar seluruh elemen dan suku Simalungun untuk tidak ikut berperan dalam kegiatan yang diselenggarakan Pemko Siantar.

Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Simalungun Indonesia (KNPSI), Jan Wiserdo menegaskan bahwa, hal itu dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat  suku Simalungun sebagai tuan rumah di Kota Siantar.

Hal itu juga dilakukan untuk menyikapi dugaan penistaan yang dilakukan Hefriansyah Walikota Siantar pada acara HUT Kota Siantar tahun 2018 yang lalu.

Selain itu, kata Jan, pemindahan lokasi pembangunan Tugu Sang Naulauh, oleh Walikota Hefriansyah, dinilai telah melakukan pembohongan hingga pelecehan dengan berhentinya pembangunan tugu tersebut.

Seruan untuk tidak berperan dalam kegiatan dalam acara HUT Siantar yang jatuh pada 24 April 2019 yang akan datang, juga disampaikan KNPSI melalui surat terbuka. 

Kepada Hetanews, Wiserdo menegaskan, bila kemudian hari diketahui ada kelompok maupun elemen Simalungun yang ikut dalam kegiatan HUT Kota Siantar nantinya, pihaknya akan memberi sanksi moral.

"Sanksi Moral, kita akan publish itu nanti, yang tanda kutip sebagai pelacur suku Simalungun. Jadi nanti kita akan publish," tegasnya, Jumat (22/3/2019).

Meskipun demikian, ia berharap agar suku Simalungun tidak melakukan hal itu, namun tetap menjaga harkat dan martabat sebagai suku Simalungun yang mengalami peniistaan. 

Di era kepemimpinan Walikota Hefriansyah saat ini, Jan Wiserdo juga menyayangkan tidak ada satupun pejabat di teras Pemko Siantar yang mewakili etnis Simalungun.

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Aplikasi Heta News sudah tersedia di Google Play Store. Silakan pasang di ponsel pintar Anda!