HETANEWS.COM

Gendo: Hutan, Tanah dan Air Harus dilindungi untuk Kelestarian Danau Toba

Gendo Tarigan

Simalungun, hetanews.com - Memiliki kepedulian terhadap Danau Toba, Gendo Tarigan mengajak masyarakat untuk melestarikan keberadaan hutan dan lingkungan. 

Salah satunya adalah Hutan di Danau Toba Parapat yang menjadi salah satu objek wisata unggulan di sumatera utara, yang menurutnya termasuk salah satu keajaiban dunia.

Menurut Pria yang tinggal di Saran padang Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten simalungun ini, bukit batu yang mengelilingi Danau Toba membuat ia miris. 

Rasa miris tersebut timbul karena melihat tingkat vegetasi pepohonan di bukit-bukit tersebut sangat kurang. 

Ia pun menanam pohon dengan suka rela dibantu para relawan di sekitaran Danau Toba. Untuk bibit ada yang memberi bantuan secara cuma cuma oleh para pecinta lingkungan.

"Hanya terlihat beberapa pucuk pinus, yang jika musim kemarau sebagian di antaranya meranggas, warnanya berubah menjadi coklat kemerahan," katanya, Kamis (21/3/2019).

Selain pohon pinus, bukit-bukit tersebut hanya tertutup ilalang. Padahal, kata dia itulah daerah tangkapan air utama Danau Toba, terutama di sisi selatan hingga barat daya.

Penanaman pohon diseputaran di perbukitan Danau Toba.

”Seperti kaca, lapisan silika dengan mineral diatomit yang melapisinya membuat bukit-bukit tersebut memang sulit ditanami pepohonan keras," pungkasnya.

Akan tetapi, jelasnya, masih banyak lapisan tanah di bukit tersebut. 

Ia pernah mengadakan riset geologis untuk kepentingan konservasi lingkungan di kawasan itu. Hasilnya sangat dimungkinkan bukit-bukit itu bisa ditutup dengan pepohonan keras selain pinus.

"Kami sadar, membangun danau toba harus memerhatikan konservasi sumber daya alam. Hutan, tanah, dan air harus dilindungi untuk menjaga kelestarianya," ungkapnya.

Selain Danau Toba, ia juga menanam pohon di seputaran aliran sungai Deli, serta melakukan sosialisasi ke sekolah sekolah untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pohon untuk lingkungan hidup.

Penulis: huget. Editor: edo.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan

Daftarkan diri Anda sebagai anggota Heta News untuk selalu mendapatkan buletin berita populer langsung di kotak surat elektronik Anda!

Berlangganan