HETANEWS

Pasar Tozai Baru Akan Dioperasikan, Lapak Pedagang Disediakan

Pasar Tozai Baru

Siantar hetanews.com - Perusahaan Daerah Pasar Horas Jaya (PD PHJ) akan mengoperasikan Pasar Tozai Baru pada awal April 2019 mendatang. 

Kini Pasar Tozai Baru layak untuk beroperasi sebagai pasar tradisional, yang fungsinya untuk menyanggah keberadaan Pasar Dwikora dan Pasar Horas.

Pasar Tozai Baru yang beralamat di Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari dapat diakses oleh penduduk yang bermukim di daerah sekitarnya.

Selain  akses jalan utama yakni Jalan Handayani dan Jalan Viyata Yudha, Pasar Tozai Baru dapat diakses melaui jalan alternatif.

Didukung letak geografis dan tersedianya Infrastruktur jalan, Pasar Tozai Baru dapat ditempuh dari Kelurahan Naga Huta, Sibatu batu, maupun Pasar V Kabupaten Simalungun. 

Pasar Tozai Baru difasilitasi 12 unit Kios permanen Ukuran 2 x 2 Meter dan Lapak Meja Batu  112  Meter yang akan diperuntukkan kepada 56 orang Pedagang.  

Untuk operasional Pasar Tozai Baru, PD PHJ berupaya menyamakan harga kebutuhan pasar tradisional lainya, seperti Pasar Horas dan Dwikora. 

Salah satu cara yang dilakukan PD PHJ, akan menghadirkan pemasok kebutuhan pertanian dan perikanan untuk bongkar muat di Pasar Tozai Baru.

Kemudian melibatkan grosir grosir besar untuk ambil bagian dalam pengembangan usaha di Pasar Tozai Baru tersebut.

Tidak itu saja, PD PHJ membangun kerjasama dengan Bulog dalam penyelenggaraan pasar murah selama 3 bulan pertama, yang kemudian waktunya akan disesuaikan pihak PD PHJ dengan Bulog.

Dari tingkat kepadatan penduduk di wilayah Pasar Tozai Baru, mengalami peningkatan yang signifikan sejak pada tahun 2000. Diperkirakan hampir 400% mengalami peningkatan.

Hal ini ditandai dengan banyaknya penambahan pemukiman maupun perumahan KPR di seputaran Paslsar Tozai Baru. 

Untuk menunjang pelayanan publik, dinas terkait sedang berupaya membuka trayek baru angkutan umum dan akses penerangan lampu jalan serta peningkatan infrastruktur.

Bagi calon pedagang yang ingin berjualan di Pasar Tozai Baru, dapat mengakses informasi  yang disediakan PD PHJ pada link berikut:

Baca juga: PASAR TOZAI SEGERA BEROPERASI

Baca juga: Segera Dibuka Pasar Tradisional Tozai Baru

Penulis: gee. Editor: edo.