HETANEWS.COM

Panwascam Siantar Utara Minta Klarifikasi dari Oknum Pendamping PKH

Warga mendokumentasika brosur diduga bahan kampanye, Senin 19 Maret 2019. (Foto : istimewa).

Siantar, Hetanews.com - Panwascam Siantar Utara menindaklanjuti dugaan kampanye yang  dilakukan oknum Pendamping PKH inisial FHS yang juga Caleg DPRD Siantar.

Petugas panwascam Siantar Utara pun menyambangi rumah salah seorang warga di Jalan Siak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara.

Informasi yang dihimpun Panwascam dari warga setempat, benar bahwa FHS melakukan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH).

Usai kegiatan sosialisasi itu, FHS disebut sebut membagikan brosur yang diduga bahan kampanye.

"Waktu pembagian itu, pada saat acara sosialiasi PKH itu selesai. Jadi kan, susahnya kita disini, pas kejadian, kita kan gak ditempat," ungkapnya Selasa (19/3/2019).

Hasunuddin mengakui pihaknya tidak ada dilokasi saat kegiatan sosialisasi itu berlangsung. Selain itu, warga yang ditanyai pun tidak mengakui bahwa FHS membagikan bahan kampanye.

"Gak ada katanya. Makanya kita pun bingung," tandasnya.

Baca juga: Kadinsos Sebut Oknum Pendamping PKH Lakukan Trik Merebut Suara

Selanjutnya, kata Hasanuddin, pihaknya akan memanggil FHS untuk mengklarifikasi persoalan tersebut. Namun FHS belum berhasil ditemui lantaran nomornya tidak aktif.

"Kita akan klarifikasi Caleg-nya, macam mana kejadiannya. Harus kita kaji, kalau kita kurang alat bukti, itu kan susah juga," pungkasnya.

Ia menegaskan, setiap pelaksanaan kampanye, terlebih dahulu harus disampaikan kepada penyelenggaran pemilu. Jika tidak dilaporkan, maka bisa menjadi temuan.

"Surat pemberitahuan itu dibuat minimal satu hari sebelum hari H," jelasnya.

Terkait dugaan kampanye itu, Hasanuddin mempersilahkan warga untuk melaporkan dugaan kampanye itu ke Panwascam Siantar Utara.

Sebelumnya, Oknum Pendamping PKH di Kecamatan Siantar Utara disinyalir melakukan kampanye dengan membagikan brosur diduga bahan kampanye kepada puluhan warga.

Hal itu terungkap saat oknum Pendamping PKH tersebut selesai melakukan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH) disalah satu rumah warga di Jalan Siak, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Senin sore.

Penulis: gee. Editor: edo.

Masukkan alamat E-mail Anda di bawah ini untuk berlangganan artikel berita dari Heta News.

Jangan lupa untuk memeriksa kotak masuk E-mail Anda untuk mengkonfirmasi!