Mon 22 Apr 2019

1 Unit Minibus Terjun Bebas ke Danau Toba, Sempat Hilang, Korban Ditemukan Sudah Meninggal

Masyarakat memadati lokasi kejadian kecelakaan yang mengakibatkan 1 unit minibus Escudo terjun bebas ke Danau Toba.(Foto/Rahmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Sebuah insiden yang diduga kecelakaan tunggal mengakibatkan  satu unit Mobil jenis Escudo terjun bebas ke perairan Danau Toba. 

Peristiwa naas itu terjadi di sekitaran jalan umum Doloksanggul - Muara KM 18, tepatnya di Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) pada Senin (18/3/2019) sore sekira Pukul 18.50 WIB. 

 Informasi dihimpun Hetanews.com, mobil Escudo tersebut dikemudikan oleh Parbuntihan Siregar (70), warga Huta Nagodang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput). Ia belakangan diketahui merupakan seorang pensiunan TNI.

Saksi mata Zeremia Rajagukguk (16), Chandra Rajagukguk (28), dan Paulus Rajagukguk (15), kepada petugas kepolisian mengatakan, saat itu mereka sedang asyik menanam jala atau mencari ikan di Danau. Lalu tiba-tiba mereka mendengar dentuman keras dari arah jalan umum. Diduga saat itu, Mobil Escudo tersebut telah menabrak sesuatu hingga hilang keseimbangan dan terjun bebas ke perairan Danau Toba. 

Mendengar dentuman keras itu, ketiga orang  saksi mata langsung mendekati tempat yang merupakan sumber suara tersebut. Mereka juga berupaya mengetahui apa yang terjadi. Namun ketiganya pada saat itu hanya menemukan ceceran minyak tumpah bercampur air yang berjarak 4 meter dari bibir Danau.

Selanjutnya, ketiga orang tersebut pun melaporkan hal itu kepada orang tua mereka dan masyarakat sekitar,  yang kemudian diteruskan hingga pihak kepolisian.

Masyarakat saat berupaya melakukan pencarian terhadap korban.(Foto/Rahmat Tinton)

Kapolres Humbahas, AKBP DR R Dayan, melalui Kasubbag Humas, Aiptu S Purba, saat dikonfirmasi , Selasa (19/3/2019), membenarkan peristiwa itu. 

Mobil Escudo tersebut, kata S Purba, diketahui berjalan dari arah Bakkara menuju Muara. Namun tiba-tiba mobil tersebut mengalami kecelakaan di lokasi dimaksud. 

"Nomor polisinya 171, seri atau plat depan belum jelas", ujarnya.

Selain itu, ditambahkannya, sejak dari waktu kejadian tadi malam, korban beserta kendaraannya sempat menghilang. Namun karena kesigapan petugas dan masyarakat yang ikut membantu, korban pun ditemukan pada Selasa (19/3/2019) siang dalam kondisi sudah meninggal dunia.

"Info terahir, mobil sudah ditemukan. Tinggal angkat dari Danau menunggu pihak keluarga korban", imbuhnya.

Penulis: rachmat. Editor: tom.