Sat 23 Mar 2019
Menyambut HUT Hetanews.com ke 5, kami membuka peluang terhadap jurnalis-jurnalis muda (usia 21-31) untuk bergabung dengan kami di seluruh wilayah Sumatra Utara (Sumut).
Kirim lamaran dan CV ke alamat Redaksi di Jalan Narumonda Atas No 47, Pematangsiantar-21124, Tel (0622-5893825) HP: 082167489093 (Reni)/ 082274362246 (Tommy Simanjuntak) atau Email: redaksihetanews@gmail.com. Pengumuman ini berlaku dari 7 Maret sampai 7 April 2019. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Keberanian dan Kenekatan 'Polisi Toba' Hentikan Mobil Presiden Jokowi, Berikut Kronologinya!

Seorang ibu yang belakangan diketahui boru Pardede, nekad menerobos blokade petugas dan berhasil stop mobil Presiden Jokowi di badan jalan, di Balige Sumatera Utara agar bisa bersalaman. (foto/facebook)

Balige, hetanews.com - Pesawat kepresidenan berisi rombongan Presiden Joko Widodo mendarat di Bandara Silangit, Kecamatan Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada Kamis (14/3/2019) petang lalu.

Rombongan disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan M Sabrar Fadhilah, dan Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto.

Keluar dari bandara, ratusan warga yang sudah menunggu lama langsung berteriak minta dihampiri dan berfoto ria kepada Presiden Jokowi dan Edy.

Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Silangit, Kecamatan Siborongborong, Taput, Sumut, Kamis (14/3/2019) petang. Rombongan disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan M Sabrar Fadhilah, dan Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto. (TRIBUN MEDAN/ISTIMEWA)
Presiden Jokowi dan ibu negara Iriana Jokowi tiba di Bandara Silangit, Kecamatan Siborongborong, Taput, Sumut, Kamis (14/3/2019) petang. Rombongan disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan M Sabrar Fadhilah, dan Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianto. (foto/Ist)

Marlina Marpaung warga Kabupaten Simalungun yang kebetulan berada di bandara tersebut, mengaku begitu senang bisa melihat langsung Jokowi.

Katanya, selama ini hanya bisa melihat dari televisi dan internet saja. Begitu juga dengan Edy Rahmayadi. "Senang kali aku bisa nengok langsung Pak Jokowi sama Pak Edy," katanya.

Tiba di Balige, Presiden Jokowi disambut ribuan warga. Perlahan-lahan mobil kepresidenan melintas di hadapan warga yang berbaris di pinggir jalan. Sesekali Presiden Jokowi berhenti menyapa warga dan bersalaman. 

Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Balige, Kabupaten Tobasa, Kamis (14/3/2019). Jokowi akan melaksanakan kunjungan kerja di Sumatera Utara hingga 17 Maret mendatang.
Presiden Joko Widodo dan rombongan tiba di Balige, Kabupaten Tobasa, Kamis (14/3/2019). Jokowi akan melaksanakan kunjungan kerja di Sumatera Utara hingga 17 Maret mendatang. (foto/ist)

Saat berhenti, warga langsung dorong-dorongan agar bisa melihat lebih dekat presidennya. Presiden Jokowi akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa titik Kabupaten di Sumatera Utara.

Di antaranya, Kabupaten Tobasa, Humbang Hasundutan, Taput, Sibolga, dan Kota Medan. Presiden akan berada di Sumatera Utara sampai Minggu (17/3/2019) mendatang.

Presiden Joko Widodo tiba di Balige, Kabupaten Tobasa, Sumut. Presiden direncanakan melakukan kunjungan kerja di Wilayah Sumut hingga 17 Maret mendatang.
Presiden Joko Widodo tiba di Balige, Kabupaten Tobasa, Sumut. Presiden direncanakan melakukan kunjungan kerja di Wilayah Sumut hingga 17 Maret mendatang. (foto/ist)

Presiden Jokowi Mengunjungi Balige, Dihentikan Seorang Ibu

"Jokowi.. Jokowi.. Jokowi," menggema di Onan Raja Balige saat rombongan presiden mengunjungi pasar tradisional tersebut, Jumat (15/3/2019).

Ribuan warga berkerumun di sekitar pasar untuk dapat bertemu dan swafoto dengan Presiden Jokowi dan Iriana, iring-iringan Presiden Jokowi bergerak dari Hotel Sere Nauli Laguboti pukul 08.00 WIB menuju Onan Raja Balige.

Warga yang sejak pagi telah menunggu kedatangan Jokowi histeris ketika Presiden tiba di Pasar Balige.

Namun ada salah seorang ibu berbaju biru langsung berlari ke tengah jalan. Dengan kedua tangannya direntangkan seperti gaya polisi lalu lintas, ia memberhentikan mobil Presiden Jokowi. 

Tampak seorang polisi langsung menangkap ibu ini dari arah belakang. Diketahui ibu ini Boru Pardede bersuamikan marga Hutabarat. Ibu-ibu di wilayah Toba biasa disebut dengan istilah "Polisi Toba".

Karena "Polisi Toba" (istri) yang berani menjemput suaminya dari warung jika kelamaan di warung. 

Dengan gerakan badannya, petugas polisi pun tampak bersusah payah untuk menggiringnya. Bahkan si ibu ini sampai histeris agar bisa salaman dengan Presiden Jokowi.

Hal itu spontan ia lakukan, saat rombongan Presiden Jokowi melintas di depan rumahnya, ia mendadak lari dan menerobos barisan warga yang berjejer di pinggir jalan.

Setelah mobil Presiden Jokowi berhenti di pinggir, si ibu ini pun menangis haru setelah berhasil bersalaman dengan presidennya. 

Presiden Jokowi pun keluar dari dalam mobil dan menyapa warganya dengan senyum ramah. 

Aksi 'Polisi Toba" ini pun viral di media sosial. 

sumber: trinbunnews.com

Editor: sella.