Sergai, hetanews.com - Bendera Merah Putih harusnya dipasang atau dikibarkan di setiap instansi Pemerintah.

Namun sepertinya hak itu sangat jarang kelihatan di kantor Afdeling 4 PTPN III Gunung Pamela, Keca matan Sipispis, Kabupaten Sergai. Sehingga sangat wajar dipertanyakan.

Yang sering kelihatan di halaman kantor Afdeling 4 PTPN III Gunung Pamela milik Negara itu, yaitu hanya tiang bendera yang berdiri tegak, tanpa ada Bendera Merah Putih. 

Seperti yang dikatakan Heri, selaku Opas, di kantor itu, kepada hetanews.com, Rabu (13/3/2019), mengaku, sudah 4 hari tidak memasang bendera Merah Putih.

"Sudah empat hari tidak kami pasang bang, bendera kami koyak bang dan sudah kami laporkan ke asisiten bang," ucapnya seraya berkata, “nantilah bang kalau sudah cair baru kami beli,"ucapnya kembali dan dimaini oleh kerani Kantor Afdeling 4. 

Kerani kantor Afdeling 4 PTPN III Gunung Pamela saat di ruangan. (foto/dmk)

Namun ketika ditanyakan, dimana bendera yang koyak itu? Anehnya, mereka tidak dapat memeperlihatkannya. "Entah dimana lah bang dah lupa aku, "kilahnya. 

Sementara itu, masyarakat sekitar kepada hetanews.com, mengatakan, bahwa mereka tidak pernah melihat bendera Merah Putih berkibar, di halaman kantor Afdeling 4 itu. "Saya tidak pernah melihat ada bendera Merah Putih dipasang bang, karena kalau dipasang, pasti aku tau bang,"katanya sembari meminta namanya jangan ditulis di media ini. 

Sangat disayangkan masih ada gedung perkantoran milik negara yang seolah mengabaikan kewajiban tentang pemasangan bendera.  

Padahal telah tertulis di undang - undang. Dimana selain pada hari kemerdekaan, pengibaran bendera juga wajib dilakukan setiap hari di beberapa tempat. Ketentuan ini jelas ditegaskan dalam pasal 9 ayat (1) UU 24/2009 yang berbunyi: Bendera Negara sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat 1, wajib dikibarkan setiap hari, diantaranya di gedung atau kantor swasta.