HETANEWS

1.413 Kotak Surat Suara Tiba di Asahan, Ini Rinciannya

Ketua KPU Asahan, Hidayat SP melihat langsung pendistribusian surat suara yang telah tiba, Rabu (13/03/2019). (foto/ren)

Asahan, hetanews.com - Dengan menggunakan mobil Truk Intercooler dan dikawal ketat aparat kepolisian bersenjata lengkap, sebanyak 1.413 kotak surat suara tiba di Kabupaten Asahan, Rabu (13/03/2019) sekitar pukul 22:30 WIB.

Setibanya di gudang logistik Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Kedai Ledang, Kecamatan Kota Kisaran Timur atau persisnya bekas showroom Toyota Auto 2000 Kisaran, kontainer yang berisi kotak surat suara tersebut langsung didata dan disimpan, setelah sebelumnya diserahterimakan pada siang harinya oleh pihak KPU Sumut disaksikan Bawaslu Sumut dan aparat kepolisian.

Adapun rinciannya yakni untuk DPR RI Dapil (Daerah Pemilihan) Sumut 3 sebanyak 1.054 kotak surat suara, DPRD Kabupaten Asahan yakni sebanyak 359 kotak surat suara yang meliputi Dapil 1 (Kecamatan Kota Kisaran Barat - Kecamatan Kota Kisaran Timur) dan Dapil 2 (Kecamatan Buntu Pane, Kecamatan Tinggi Raja, Kecamatan Setia Janji dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge) 

"Setelah diserahterimakan oleh pihak percetakan yang disaksikan KPU Sumut dan Bawaslu Sumut serta aparat kepolisian, 1.413 surat suara yang telah tiba ini akan disortir dan diperiksa ulang untuk mengantisipasi surat suara yang rusak maupun salah cetak," ujar Ketua KPU Asahan, Hidayat SP ke sejumlah wartawan.

Lebih lanjut ia menambahkan, kemungkinan pada Jumat ini, surat suara Capres dan Cawapres, DPD RI, DPRD Provinsi, serta 5 Dapil DPRD Asahan secara bertahap akan didistribusikan ditambah dengan 2% surat suara cadangan dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Asahan sebanyak 516.248.

"Hari Jumat ini, kemungkinan besar akan tiba lagi surat suara, dan pada waktu yang belum ditentukan tetapi dalam periode Maret ini ditambah dengan 2% surat suara cadangan, secara keseluruhan seluruh surat suara untuk pemilu pada 17 April mendatang akan clear," tambahnya.

Penulis: rendi. Editor: gun.