HETANEWS

Kekurangan Logistik Pemilu 2019, KPU Humbahas Surati KPU Pusat

Komisioner KPU Humbahas Divisi Teknis, Ramses Simamora, mengenalkan surat suara untuk Pemilu 2019. (Foto/Rachmat Tinton)

Humbahas, hetanews.com - Komisioner KPU Humbang Hasundutan (Humbahas) Divisi Teknis, Ramses Simamora, mengatakan,  pihaknya masih kekurangan logistik kebutuhan pemilihan umum (Pemilu) serentak 17 April 2019 mendatang. Logistik tersebut, berupa surat suara, kotak suara, segel dan tinta.

“Kekurangan itu pun sudah disampaikan ke KPU-RI memalui surat resmi tertanggal 8 Maret 2019 kemarin dengan nomor 675/PP.10.5-SD/1216/KPU Kab/III/2019,” terang Ramses saat ditemui wartawan, Rabu (13/3/2019), di kantornya.

Secara rinci, kata Ramses,  kekurangan logistik pemilu itu yakni, surat suara Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 672 lemba, surat suara DPD 454 lembar, surat suara untuk DPR-RI dapil Sumut 2 sebanyak  556 serta surat suara untuk DPRD Kab Humbahas Dapil 1 (satu) sebanyak  167 lembar, Dapil 3 sebanyak 361 lembar. Kemudian, kotak suara kurang sebanyak 93 buah, segel sebanyak 17.501 keping dan tinta sebanyak 6 botol.

“Logistik yang kurang ini sudah kita sampaikan ke KPU RI, dengan harapan kekurangan itu terpenuhi,”ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ramses juga mengenalkan surat suara Pemilu  2019 mendatang, mengingat selama ini APK (Alat Peraga Kampanye) caleg DPR-RI DPRD Provinsi, Kota dan Kabupaten yang bertebaran berisi foto caleg. Padahal, dalam surat suara hanya berisi logo partai, nama partai, nomor urut dan nama caleg saja.

Dia menjelaskan untuk surat suara pemilihan anggota DPDR Kabupaten/Kota dengan warna hijau, surat suara DPRD Provinsi warna biru, DPR-RI warnanya kuning dan surat suara pemilihan DPD warnanya merah serta surat suara untuk pemilihan Presiden dan wakil presiden warnanya abu - abu.

“Kelima jenis surat suara ini, yang berisi foto hanya surat suara pemilihan Presiden dan surat suara pemilihan DPD,” paparnya.

Penulis: rachmat. Editor: gun.